Kompas TV regional berita daerah

Motor Klasik Dimodifikasi Jadi Motor Bertenaga Listrik, Ini Caranya

Kompas.tv - 14 September 2021, 13:13 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG, KOMPAS.TV - Sepeda motor klasik ternyata dapat disulap menjadi motor bertenaga listrik. Selain unik dan menarik, motor listrik ramah lingkungan.

Sekilas motor klasik tahun 70 yang dipajang terlihat seperti bukan motor listrik. Dari bentuknya, motor klasik listrik tidak ada bedanya dengan motor klasik pada umumnya. Namun saat mesinnya dihidupkan, barulah diketahui perbedaannya, jika motor klasik listrik tidak menggunakan bahan bakar minyak, melainkan listrik.

Motor klasik listrik itu dimodifikasi oleh Nanang Saiful Rohman, warga Kota Malang Jawa Timur. Ide membuat motor listrik berawal dari tantangan seorang pegiat lingkungan. Nanang yang setiap harinya merestorasi motor klasik akhirnya tertantang untuk mencoba hal baru itu.

Baca Juga: Polisi Ini Modifikasi Motor Dinas Jadi Perpustakaan Keliling

Nanang membutuhkan waktu 6 bulan untuk modifikasi satu motor klasik listrik. Nanang tetap mempertahankan bagian motor klasik Honda C70 agar kesan klasik tetap melekat.

Nanang menjelaskan bagian klasik yang pertahankan adalah bagian rangka Honda C70, dipertahankan standar depan hingga belakang. Sedangkan di bagian mesinnya sudah tidak ada, karena digunakan untuk tempat baterai.

Motor klasik karya Nanang masih butuh penyempurnaan, salah satunya tempat baterai yang kurang aman. Selama ini, Nanang menempatkan baterai di bagian bawah mesin motor. 

Dengan pengisian baterai selama 8 jam, motor listrik mampu berjalan selama 1 jam nonstop dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Nanang berharap kedepan pemerintah mempermudah regulasi pembuatan motor listrik karena menjadi alternatif motor yang ramah lingkungan.

 

#MotorKlasik  #MotorListrik  #RamahLingkungan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.