Kompas TV regional berita daerah

Buaya Muara Kerap Muncul, Warga Di Bantaran Sungai Resah

Kompas.tv - 14 September 2021, 12:57 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAROS, KOMPAS.TV - Warga di bantaran sungai maros  sulawesi selatan beberapa hari terakhir resah. Pasalnya  buaya muara kerap muncul di tepi sungai  yang dekat dengan permukiman warga .

Buaya muara sepanjang empat meter ini  kini mulai meresahkan warga . Pasalnya  hewan reptil ini kerap muncul di tepi sungai maros  dekat dengan permukiman mereka .

Warga di kelurahan pallantikan kecamatan maros baru pun mulai khawatir  apalagi  didekat sungai kerap jadi lokasi anak – anak mereka bermain . Tak hanya itu  sebagian permukimanan warga juga berada di tepi sungai maros .

"pertama muncul sudah 1sampai 2 tahun pertama muncul disini, habis banjir pindah kesini. ada dua atau tiga ekor. kalau tidak di evakuasi kita sebenarnya was-was" pungkas H. Kasim,Warga Kelurahan Pallantikan Kecamatan Maros Baru

Seringnya buaya muara muncul  membuat warga berharap ada tindakan dari pihak terkait . Namun pihak balai besar konservasi sumber daya alam sulawesi selatan  sejauh ini hanya memberikan papan peringatan . Apalagi memang  sepanjang bantaran sungai adalah habitat buaya muara .

"Evakuasi bisa kami lakukan jika sudah mengganggu kita survei ternyata tidak menggangu dan memamg disini habitatnya jadi kita harus berdampingan dengan buaya jangam beri makan kita harus hidup berdampingan. memang berbahaya tapi tidak bisa kita pungkiri habitatnya disini dan masyarakat ada di sungai ini" ungkap Rudi Ashari Tim Wildlife Rescue Unit (Wru) Bksda Sulse

Sosialisasi kepada warga pun terus dilakukan  atas kehadiran buaya di sungai maros . Masyarakt pun diharapkan bisa hidup berdampingan dengan buaya muara tersebut.

 

#buayadarat
#wildliferescue
#marosbaru



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x