Kompas TV nasional peristiwa

Simak, Ini Daftar Aktivitas yang Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Kompas.tv - 14 September 2021, 12:49 WIB
simak-ini-daftar-aktivitas-yang-wajib-gunakan-aplikasi-pedulilindungi
Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi. (Sumber: KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 di Wilayah Jawa dan Bali hingga 20 September 2021. 

Meski demikian, pemerintah tetap memberikan sejumlah relaksasi untuk aktivitas di sektor sosial-ekonomi.

Adapun aturan terbaru yakni bioskop yang berada di wilayah PPKM level 2 dan 3 diizinkan kembali untuk beroperasi.

Aturan tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 41 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Namun, perlu diingat, sejumlah aktivitas yang dibuka dituntut untuk memenuhi persyaratan seperti masyarakat wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Lagi, Bali Turun ke Level 3, Kenaikan Angka Kematian di 3 Kota

Adapun aktivitas di Jawa-Bali yang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi berdasarkan Inmendagri No 41 Tahun 2021, sebagai berikut: 

1. Perusahaan

Perusahaan yang bergerak di bidang sektor esensial di wilayah PPKM level 4, 3, dan 2 sudah diizinkan beroperasi dengan syarat tertentu seperti kapasitas karyawan yang masuk. Karyawan juga diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining saat masuk dan keluar area perkantoran

Tak hanya itu, aplikasi PeduliLindungi juga berlaku bagi pekerja yang bekerja di sektor kritikal seperti energi, logistik, transportasi dan distribusi terutama untuk kebutuhan pokok masyarakat, makanan dan minuman serta penunjangnya, termasuk untuk ternak/hewan peliharaan, pupuk dan petrokimia, semen dan bahan bangunan, konstruksi(infrastruktur publik), utilitas dasar (listrik, air dan pengelolaan sampah) di wilayah PPKM level 2-4.

2. Supermarket

Masyarakat yang ingin masuk ke supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi mulai tanggal 14 September 2021.

Aturan tersebut berlaku bagi masyarakat yang berada di wilayah PPKM Level 2,3, dan 4. 

3. Restoran atau Tempat Makan

Restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung/toko tertutup baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mal wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Aturan senada juga berlaku untuk restoran/rumah makan, kafe dengan area pelayanan di ruang terbuka.

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi ini bertujuan untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai dengan pengaturan teknis berikutnya diatur oleh Pemerintah Daerah.

Baca Juga: PPKM Terus Berlanjut, Siap-siap Ganjil Genap Bakal Diberlakukan di Tempat Wisata pada Akhir Pekan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x