Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Bank Sampah Saat Pandemi, Sampah Rumah Tangga Ditukar Sembako

Kompas.tv - 14 September 2021, 11:16 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sekelompok ibu rumah tangga di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Jawa Timur membuat inovasi kebersihan lingkungan di masa pandemi Covid-19, yakni inovasi berupa bank sampah.

Salah satu pengurus bank sampah, Yeti Puji Rahayu mengatakan bahwa bank sampah itu berguna melayani penukaran sampah dengan sembako.

Bank sampah menerima berbagai jenis sampah, khususnya sampah tidak terurai atau non organik. Lalu warga yang menukarkan sampah mendapatkan imbalan sembako, seperti beras, gula pasir, mie instan dan minyak goreng.

Baca Juga: Bank Sampah Bantu Perekonomian Warga di Tengah Pandemi

“Untuk harga penukaran disesuaikan dengan harga sembako di pasaran,” ujar Yeti Puji Rahayu kepada tim Kompas.TV, pada Sabtu (11/9/2021).

Yeti Puji Rahayu menambahkan bahwa bank sampah bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berkembangnya bakteri dan virus, serta membantu kebutuhan rumah tangga warga di masa pandemi Covid-19.

Manfaat bank sampah sangat dirasakan oleh warga, terutama dapat membantu perekonomian mereka di masa pandemi Covid-19.

Salah satu ibu rumah tangga, Sulastri mengaku terbantu dengan adanya bank sampah, karena selama pandemi ia dan suaminya tidak memiliki penghasilan yang pasti.

Baca Juga: Manfaat Bank Sampah Lebih Terasa Setelah Pandemi Covid-19

Limbah sampah rumah tangga yang terkumpul diolah kembali menjadi kerajinan bernilai ekonomis, seperti pot bunga dan tempat sampah plastik.

 

#BankSampah  #SampahDitukarSembako  #KebersihanLingkungan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.