Kompas TV regional peristiwa

Sosok Lamek Taplo, Panglima Komando OPM yang Tembak TNI dan Bakar Puskesmas, Sekolah, hingga Bank

Kompas.tv - 14 September 2021, 08:42 WIB
sosok-lamek-taplo-panglima-komando-opm-yang-tembak-tni-dan-bakar-puskesmas-sekolah-hingga-bank
Kepulan asap yang berasal dari sejumlah bangunan yang dibakar KKB di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9/2021). (Sumber: Istimewa via Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV - Peristiwa pembakaran sejumlah fasilitas umum dan penembakan anggota TNI oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali terjadi Senin (13/9/2021).

Dalam peristiwa itu, nama Lamek Alipky Taplo atau Lamek Taplo kembali mencuat usai insiden pembakaran dan penembakan tersebut.

Baca Juga: Kronologi Baku Tembak antara TNI dan KKB Pimpinan Lamek Taplo selama 4 Jam, Prada Ansar Terluka

Sebab, aksi teror tersebut diduga dilakukan oleh KKB Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Dilansir dari TribunPapua, Lamek Taplo merupakan Panglima Komando Daerah Pertahanan Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau yang disebut TPNPB.

Tembak TNI hingga Helikopter

Memang nama Lamek Taplo tidak lebih tenar dari KKB Egianus Kogoya atau Goliath Tabuni.

Baca Juga: KKB Papua Bakar Sejumlah Fasilitas Umum dan Menembak Satu Prajurit TNI

Namun dia memiliki sejumlah catatan hitam seperti bertanggung jawab terhadap penembakan helikopter M17 milik TNI hingga jatuh di daerah Pegunungan Papua pada Febuari 2020 lalu.

Di tahun yang sama, Lamek Taplo kembali berulah dengan menembak tiga prajurit TNI di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada Selasa (20/10/2020).

Terakhir, kelompok pimpinannya melakukan baku tembak dengan TNI hingga satu orang aparat tertembak pada Senin (13/9) kemarin.

Selain itu, kelompoknya juga membakar sejumlah fasilitas umum, seperti Puskesmas, pasar, bank, hingga sekolah di Distrik Kiwirok.

Baca Juga: Respons Serangan KKB, TNI Siaga Penuh di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini



Sumber : Tribun Papua

BERITA LAINNYA



Close Ads x