Kompas TV nasional peristiwa

Tersisa 6 Kabupaten/Kota Berstatus PPKM Level 4 di Luar Jawa-Bali, Ini Pesan Menko Airlangga

Kompas.tv - 13 September 2021, 22:00 WIB
tersisa-6-kabupaten-kota-berstatus-ppkm-level-4-di-luar-jawa-bali-ini-pesan-menko-airlangga
Ilustrasi PPKM level 4. Tidak ada lagi provinsi berstatus PPKM level 4 di luar Jawa-Bali, tetapi masih ada 6 kabupaten/kota yang berstatus PPKM level 4.
(Sumber: Kompas TV/Ant/M Risyal Hidayat)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koodinator PPKM luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto menyebutkan ada perbaikan situasi pandemi di sejumlah daerah mulai Sumatra hingga Papua. Sebab itu, daerah PPKM level 4 makin berkurang.

Ia mengatakan, tidak ada lagi provinsi berstatus PPKM level 4. Namun, masih ada 6 kabupaten/kota yang berstatus PPKM level 4.

“Secara provinsi terjadi penurunan, yaitu dari 2 provinsi menjadi tidak ada yang di level 4. Kemudian level 3 dari 2 provinsi menjadi 16 dan di level 2 menjadi 11 dari 3 provinsi,” beber Menko Airlangga Hartarto dalam jumpa pers daring, Senin (13/9/2021).

Enam kabupaten/kota yang masih berstatus PPKM level 4 adalah Banda Aceh, Bangka, Medan, Kota Baru, Palangkaraya dan Palu.

Baca Juga: Bioskop Boleh Dibuka di Wilayah PPKM Level 2 dan 3, Kapasitas 50 Persen

“16 kabupaten/kota turun dari level 4 ke 3, bahkan 1 (kabupaten/kota) turun ke level 2. Tapi tetap dilaksanakan PPKM Level 4 karena menunggu jumlah vaksinasi agar bisa minimal mencapai 20 persen,” ujar Airlangga.

Ia pun berpesan kepada masyarakat dan jajaran pemerintah untuk tetap waspada dengan penularan virus Delta Covid-19.

"Momentum penurunan kasus yang sudah kurang dari 100 ribu kasus Covid-19 agar terus dijaga dan masyarakat diminta terus waspada, jangan euforia karena angka kasus turun," kata Airlangga.

Airlangga berharap, warga tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

"Pandemi masih naik turun dan varian Delta tidak bisa diprediksi. Demikian pula terkait dengan pandemi Covid-19 yang sulit diprediksi," katanya

Hal ini melihat fenomena peningkatan pergerakan masyarakat di 15 kabupaten/kota. Lalu, ada 4 provinsi dengan tingkat pengetesan Covid-19 kurang dari 50 persen yaitu Aceh, Sulbar, Sulteng.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.