Kompas TV video sinau

Burung Gagak, Hewan yang Identik dengan Tanda Kematian?

Kompas.tv - 13 September 2021, 21:39 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Dengan warnanya yang hitam mengilap, suaranya yang khas, burung gagak  lekat dengan kesan yang menyeramkan, angker dan dianggap sebagai pertanda kematian. Kedatangan tiba-tiba burung gagak yang singgah pada suatu tempat, biasanya dianggap sebagai pembawa pertanda buruk. Misalnya kematian, musibah, perang, yang akan menimpa wilayah tersebut. Sering juga, burung gagak dikaitkan dengan praktik ilmu hitam, dari seorang dukun.

Terlepas dari kesan itu semua, faktanya burung gagak adalah hewan yang takut dengan kematian. Anggapan hewan ini sebagai pertanda kematian datang dari perilakunya yang aneh. Ketika ada burung gagak lain yang mati, mereka akan menyalak dengan berisik dan berlaku seolah ada pemakaman untuk rekannya yang meninggal.

Melansir dari National Geographic, hal ini bukan berarti burung gagak berduka. Tetapi lebih ke arah  mencari tahu, apakah ada ancaman di sekitar tempat kematian tersebut. Sehingga mereka bisa dengan segera menghindar. Burung gagak mengerti akan kematian, dan takut dengan kematian. Maka mereka akan menghindari objek yang dianggap membahayakan nyawa mereka. Burung gagak dikenal setia hanya pada satu pasangan. Mereka juga sering terlihat membantu rekannya yang sedang terancam. Gagak hewan yang cerdas, melansir thought co. gagak dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Baca Juga: Pintar Bicara dalam 6 Bahasa, Burung Beo Ini Dapat Rekor MURI!

https://www.kompas.tv/article/210987/pintar-bicara-dalam-6-bahasa-burung-beo-ini-dapat-rekor-muri 

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x