Kompas TV video sinau

Awas! Jangan Sampai Ular Masuk ke Rumah

Kompas.tv - 13 September 2021, 20:21 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Ular adalah hewan paling penting dalam rantai makanan, karena ular biasanya memangsa tikus di lahan pertanian. Beda jadinya, ketika hewan ini masuk ke dalam rumah, ular jadi mahluk yang menakutkan dan mengganggu, bagi orang yang tidak bisa mengendalikannya.

Peristiwa ular masuk ke dalam rumah, bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya karena kehilangan habitat, akibat dari pembangunan perumahan dan  gedung, atau ular sedang mencari tempat untuk bertelur.

Penyebab lainnya adalah, banyak tikus bersarang di dalam rumah, hingga menarik perhatian ular untuk masuk rumah dan memangsa tikus.

Jika menemukan ular masuk dalam rumah, yang paling utama adalah tetap tenang dan identifikasi berdasarkan spesies. Jika ular yang ditemukan tidak berbisa maka dorong dengan lembut dengan sapu atau galah dan tetap menjaga jarak aman.

Berbeda jika yang ditemukan adalah ular yang berbisa, akan menjadi masalah yang serius dan dapat mengancam jiwa anggota keluarga di rumah, untuk mengusirnya bisa hubungi pemadam kebakaran.

Begitu juga ketika tidak cukup berani mengusir ular atau hewan liar lainnya, baiknya hubungi pemadam kebakaran untuk melakukan pengusiran. 

Baca Juga: Mengenal Ular Titanoboa yang Panjangnya Capai 12 Meter

https://www.kompas.tv/article/210783/mengenal-ular-titanoboa-yang-panjangnya-capai-12-meter 

Grafis: Joshua Victor

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x