Kompas TV regional berita daerah

Alat Rapid Test dan Masker Medis Ditemukan di Tempat Sampah, Petugas Kebersihan Berisiko Covid-19

Kompas.tv - 13 September 2021, 19:35 WIB
Penulis : Edika ipelona

BLITAR, KOMPAS.TV - Pandemi corona sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Namun kesadaran warga Kabupaten Blitar untuk memisahkan sampah medis masih rendah. Hal ini terlihat dari masih banyaknya jumlah sampah masker medis dan alat rapid yang dibuang begitu saja tanpa pisahkan.

Seperti yang terlihat di TPS Punakawan, Desa Jatinom, Kabupaten Blitar ini. Setiap hari, ada ratusan masker medis bekas pakai yang menghiasi tumpukan sampah.

Tanpa dipisahkan atau dihancurkan, masker medis bekas pakai itu dibuang begitu saja hingga sampai di tempat pembuangan sementara. Tidak hanya mencemari, namun sampah medis tersebut juga membahayakan bagi petugas kebersihan.

Baca Juga: Sampah Medis Covid-19 Meningkat, BRIN Kembangkan Teknologi Pengolah Limbah

Setiap hari para petugas harus bersentuhan langsung dengan sampah masker ataupun alat medis lainnya. Meski telah berhati-hati, namun rasa khawatir akan penularan covid dari bekas masker tersebut tetap membayangi petugas setiap kali memisahkan tumpukan sampah.

Bukan hanya masker. Petugas juga kerap menjumpai alat bekas rapid tes.  Petugas berharap, pemerintah daerah dapat mengedukasi warga agar tidak mencampur sampah medis dengan sampah lainnya sehingga resiko penularan covid pada petugas sampah dapat berkurang.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.