Kompas TV nasional peristiwa

9 Kecelakaan Pesawat dan Helikopter di Indonesia selama 2020 hingga Kini

Kompas.tv - 13 September 2021, 19:05 WIB
9-kecelakaan-pesawat-dan-helikopter-di-indonesia-selama-2020-hingga-kini
Helikopter milik Kemenhub tipe Bell 429 PK-CAW mengalami kecelakaan di Bandara Budiarto, Curug, Tangerang, Banten, Senin (13/9/2021). (Sumber: Istimewa/Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Satu unit helikopter milik sekolah penerbangan Curug, dengan tipe Bell 429 PK-CAW, jatuh di landasan Bandara Budiarto, Curug, Kabupaten Tangerang, Senin (13/9/2021).

Helikopter tersebut jatuh akibat angin kencang pada saat baru terbang di ketinggian 100 meter.  

Dilansir Kompas.com, Senin (13/9/2021), Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imanuddin mengungkapkan, terdapat dua orang yang mengalami luka ringan dalam insiden kecelakaan tersebut.

Kecelakaan tersebut bukan yang pertama di Indonesia. Sepanjang tahun 2020 hingga 2021, setidaknya telah terjadi sepuluh kecelakaan udara di Indonesia, baik pesawat maupun helikopter.

Berikut daftar 9 kecelakaan pesawat dan helikopter lainnya yang terjadi sepanjang tahun 2020 hingga kini:

1) Pesawat Hercules C-130

Pada Senin (13/1/2020), satu unit Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara (AU) mendarat darurat di Bandara PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Nort Sumatera B (NSB).

Dilansir Kompas.com, Komandan Pangkalan Udara Militer (Danlanud) Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief, menjelaskan bahwa pesawat itu mengalami kerusakan teknis. Seluruh kru di dalam pesawat selamat dalam kejadian itu.

Pesawat tersebut mengangkut logistik dan personel TNI dari Bandara Suwondo Medan menuju Bandara Malikussaleh, Aceh Utara.

2) Pesawat Latih TNI AL

Pada Senin (3/2/2020), satu pesawat latih milik TNI Angkatan Laut (AL) mendarat darurat di area tambak Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur.

Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) Laksamana Pertama TNI Edwin mengatakan pesawat berusaha kembali ke pangkalan karena ada masalah pada mesin.

"Karena dirasa ada sesuatu di engine, lalu kembali ke pangkalan, namun belum sampai ke pangkalan, pesawat mendarat darurat di area tambak," ujarnya, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (4/2/2020). 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Instruktur dan siswa dalam pesawat tersebut dinyatakan selamat.

Baca Juga: Helikopter Jatuh di Tangerang, Seluruh Penumpang Selamat

3) Pesawat Kargo Trigana Air

Pesawat kargo milik Trigana Air Service tergelincir di Bandara Sentani, Jayapura, Papua, sebelum lepas landas pada Selasa (25/2/2020). Pesawat itu sedianya akan terbang menuju Wamena, Jayawijaya, Papua.

Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan itu, meskipun 17 penerbangan dari dan menuju Bandara Sentani harus mengalami penundaan.

4) Pesawat Quest Kodiak 100

Pada Selasa (12/5/2020), pesawat milik maskapai Mission Aviation Fellowship ( MAF) berjenis Quest Kodiak 100, jatuh di Danau Sentani, Jayapura.

Pilot pesawat bernama Joyce Lin, seorang warga negara Amerika Serikat, meninggal dalam kejadian tersebut. Jenazah Lin ditemukan di dasar danau pada kedalaman 13 meter.

Dilansir Kompas.com, Bupati Tolikara, Usman Wanimbo mengatakan, kemungkinan besar pesawat tersebut membawa buku-buku dan peralatan sekolah milik Yayasan Papua Harapan di Mamit, Kabupaten Tolikara.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x