Kompas TV nasional gaya hidup

Tips Mengatur Waktu bagi yang Kuliah Sambil Bekerja

Kompas.tv - 13 September 2021, 17:19 WIB
tips-mengatur-waktu-bagi-yang-kuliah-sambil-bekerja
Ilustrasi kuliah tatap muka. (Sumber: Kompas/Thinkstock)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tidak sedikit mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang menuntut ilmu sembari bekerja. Penyebabnya bisa karena tuntutan keadaan atau keinginan sendiri.

Kuliah sambil bekerja dapat berdampak positif. Namun, hal ini tentu banyak menyita waktu sehingga pendidikan atau pekerjaan rawan terbengkalai. 

Apabila memilih kuliah sambil bekerja, Anda wajib bijaksana dalam mengatur waktu. Berikut beberapa tips praktis cara mengatur waktu agar kuliah dan pekerjaan tetap lancar.

1. Atur jadwal dan patuhi.

Pengaturan jadwal dapat lebih mudah dilakukan jika penjadwalan sif kerja dan sesi perkuliahan bersifat tetap. Ada baiknya membuat agenda harian sejak jauh-jauh hari.

Rinci kegiatan-kegiatan esensial dan tulislah dalam agenda tersebut. Apabila ada kegiatan wajib yang saling bertabrakan, Anda bisa mengoordinasikannya dengan atasan atau dosen atau siapa pun yang terkait, sejak jauh-jauh hari.

Baca Juga: Protes Biaya Kuliah, Mahasiswa Segel Gedung Rektorat

Menggunakan aplikasi pengatur agenda dapat menjadi ide bagus untuk mengelola jadwal Anda. Anda dapat memilih aplikasi yang memiliki fitur pengingat untuk berjaga-jaga bila Anda lupa.

Jangan lupa untuk membagikan agenda Anda kepada keluarga atau teman dekat agar mereka memahami kesibukan Anda dan memberikan dukungan.

Selain itu, meskipun jadwal kuliah dan bekerja sudah pasti padat, sediakan waktu untuk kegiatan rekreasi serta keluarga. Anda juga sebaiknya menyediakan waktu bagi diri sendiri untuk mengelola stres.

2. Bentuk pola belajar yang efisien.

Efisiensi pola belajar sangat penting agar Anda dapat melalui kuliah dengan baik. Agar pembelajaran Anda efisien, cobalah untuk menyediakan waktu khusus untuk belajar atau mengerjakan tugas perkuliahan.

Saat mengikuti sesi perkuliahan, penting juga untuk mencatat materi dan penugasan yang diberikan. Mencatat akan membuat Anda lebih mudah mengingat. Mengikuti materi dengan saksama akan membuat Anda tidak ketinggalan pelajaran dan harus lembur mempelajari materi menjelang ujian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x