Kompas TV nasional peristiwa

Dua Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi Berkat Ciri Khas Gigi dan DNA

Kompas.tv - 13 September 2021, 16:42 WIB
dua-jenazah-korban-kebakaran-lapas-tangerang-teridentifikasi-berkat-ciri-khas-gigi-dan-dna
Jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang. (Sumber: PMJ News)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua jenazah korban kebakaran Lembaga Permasyarakatan (Lapas ) Kelas 1 Tangerang, berhasil teridentifikasi berkat ciri khas yang ada pada gigi.

"Kedua jenazah yang dikenali dengan ciri khas pada gigi yaitu atas nama Rezkil Khairi (23) dan I Wayan Tirta Utama (36)," kata Sekretaris Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Kombes Pol Pramujoko di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (13/9/2021).

Kombes Pol Pramujoko menjelaskan, korban atas nama Rezkil diketahui identitasnya lantaran polisi membandingkan berdasar gigi yang khas, yaitu gigi depan putus sebelah.

Selain itu juga teridentifikasi setelah dilakukan perbandingan DNA.

"Ini cocok dengan jenazah. Jadi, kita gunakan pembanding satu dari gigi dan DNA," ujarnya.

Sementara itu, Pramujoko menambahkan untuk jenazah korban kebakaran atas nama I Wayan Tirta Utama juga berhasil teridentifikasi melalui ciri khas gigi yang putus sebelah dan DNA.

Identifikasi DNA jenazah I Wayan Tirta setelah melalui pemeriksaan DNA pembanding dari anaknya.

"I Wayan Tirta Utama ini teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan DNA dengan sampel pembanding dari anak kandungnya. Di samping itu kita bisa juga membandingkan dari ciri khas pada gigi," ujarnya.

Lebih lanjut, Pramujoko mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 41 jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang yang diidentifikasi di RS Polri Kramat Jati.

"Sudah dilakukan pemeriksaan fisik, medical juga, gigi juga lengkap, sidik jari lengkap, sekarang tinggal DNA. Dari DNA itu lagi proses karena pembanding tidak datang semua tapi bertahap yang datang duluan langsung bisa dikerjakan," ujar Pramujoko.

Baca Juga: 3 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Kembali Teridentifikasi, 2 Langsung Dimakamkan

Sebelumnya, pada Minggu (12/9/2021) Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono pihaknya berhasil mengidentifikasi tiga orang korban kebakaran Lapas Tangerang.

“Tim telah melakukan rekonsiliasi dan telah berhasil mengidentifikasi 3 korban pada hari ini. 2 melalui pencocokan DNA, kemudian 1 masih dapat diketahui melalui sidik jari," kata Brigjen Pol Rusdi Hartono saat memberikan keterangan kepada awak media di RS Polri Kramat Jati, Minggu (12/9/2021).

Adapun  jenazah yang berhasil diidentifikasi pada siang ini, kata Rusdi, yaitu Hadi Wijoyo (39) bin Sri Tunjung Pamungkas, Rocky Purnama (28) bin Syafrizal Sani dan Pujiyono alias Destro (28) bin Mundori.

Rusdi menuturkan, dua jenazah langsung diserahkankan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan hari ini.

Masing-masing yaitu Hadi Wijoyo dimakamkan di TPU Leuwiliang Bogor dan Pujiyono dimakamkan di TPU Sindang Tengah, Tangerang.

Sementara, jenazah Rocky Purnama yang merupakan Warga Citayem Kampung Utan, direncanakan akan dimakamkan esok hari di TPU Kampung Kandang, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Tim DVI Berhasil Identifikasi 3 Jenazah Korban Kebakaran Lapas, Total Yang Teridentifikasi 10 Orang

Dalam hal ini, seluruh keluarga korban masing-masing diberikan santunan sebesar Rp30 juta dan biaya pemakaman sebesar Rp6,5 juta oleh tim gabungan Kemenkumham.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x