Kompas TV internasional kompas dunia

Sejarah Baru Bagi Malaysia, Perdana Menteri Mendapat Dukungan Oposisi

Senin, 13 September 2021 | 14:59 WIB
sejarah-baru-bagi-malaysia-perdana-menteri-mendapat-dukungan-oposisi
Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah (kanan) menerima dokumen dari Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob saat upacara pembukaan sidang parlemen di gedung parlemen di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, 13 September 2021. Hampir sebulan setelah menjabat, pemimpin baru Malaysia telah memenangkan dukungan oposisi untuk menopang pemerintahannya yang rapuh dengan imbalan serangkaian reformasi. (Sumber: Associated Press)

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV — Setelah menjabat selama hampir satu bulan, pemimpin baru Malaysia mencatat sejarah baru dengan memenangkan dukungan oposisi untuk menopang pemerintahannya yang rapuh dengan imbalan serangkaian reformasi. Peristiwa ini terjadi saat Parlemen dibuka kembali pada Senin (13/9/2021).

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob, pada Senin malam akan menandatangani pakta kerja sama yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan blok oposisi utama yang dipimpin oleh Anwar Ibrahim. Kerja sama ini akan mencegah segala upaya untuk melemahkan kekuasaannya menjelang pemilihan umum yang akan berlangsung dalam dua tahun.

Pakta kerja sama tersebut akan memberikan tambahan dukungan kepada Ismail sebanyak 88 anggota parlemen dari blok Anwar, setelah sebelumnya dia memiliki 114 dukungan dari total 222 anggota parlemen.

Baca Juga: Kaum Ibu di Malaysia Menang Gugatan Terhadap Aturan Diskriminatif di Negara Itu

Pemerintah dan aliansi Anwar mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama Minggu malam, bahwa kerja sama bipartisan mereka akan memulihkan stabilitas politik di negara itu untuk memerangi pandemi Covid-19 dan menghidupkan kembali perekonomian. Mereka mengatakan akan fokus pada penguatan pemerintahan dan reformasi parlemen.

Langkah itu dilakukan setelah Ismail pada pekan lalu menawarkan reformasi termasuk undang-undang baru untuk mencegah pembelotan partai dan membatasi masa jabatan perdana menteri hingga 10 tahun. Dia juga berjanji untuk segera menurunkan usia pemilih minimum dari 21 menjadi 18 tahun.

Selain itu dia juga memastikan kesepakatan bipartisan pada setiap RUU baru dan mendapatkan masukan oposisi pada pemulihan ekonomi negara. Dia juga membuat agar peran pemimpin oposisi mendapat remunerasi dan mendapatkan hak yang sama sebagai menteri kabinet.

Malaysia telah mencatat hampir dua juta infeksi Covid-19, dengan lebih dari 20.000 kematian, meskipun negara ini menerapkan lockdown yang telah merugikan perekonomian.

Ismail adalah Perdana Menteri ketiga Malaysia sejak pemungutan suara bersejarah pada 2018 yang menggulingkan Organisasi Nasional Melayu Bersatu yang tercemar korupsi, yang memimpin Malaysia sejak kemerdekaannya dari Inggris pada 1957.

Perdana Menteri Muhyiddin Yassin membentuk pemerintahan baru yang mencakup UMNO pada Maret 2020 tetapi dia mengundurkan diri pada 16 Agustus karena pertikaian dalam koalisinya dan membuat dia kehilangan dukungan mayoritas. Ismail, yang berasal dari UMNO, adalah wakil Muhyiddin di pemerintahan sebelumnya dan pengangkatannya mengembalikan jabatan perdana menteri ke UMNO.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Purwanto

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19