Kompas TV nasional peristiwa

Sufmi Dasco: Tak Terlintas dalam Pikiran Saya Jadi Menkopolhukam

Kompas.tv - 13 September 2021, 13:10 WIB
sufmi-dasco-tak-terlintas-dalam-pikiran-saya-jadi-menkopolhukam
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Sufmi Dasco, Politisi Partai Gerindra (Sumber: kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Isu perombakan kabinet terus mencuat. Terbaru, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad disebut akan mengisi posisi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolhukam).

Namun, politikus Partai Gerindra ini mengatakan dirinya tidak pernah terlintas dalam pikiran untuk menjadi Menkopolhukam seperti yang ramai dibicarakan di tengah isu resuffle kabinet.

"Perombakan kabinet adalah hak prerogatif Presiden, namun saya tidak terlintas sedikitpun dalam pikiran saya untuk menjadi Menkopolhukam," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Dia mengaku, saat ini diamanahkan sebagai Wakil Ketua DPR saja, sudah  memiliki tanggung jawab yang besar agar tugas-tugas kenegaraan berjalan baik.

Tugas tersebut menurut dia terutama dalam membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19.

Baca Juga: Diisukan Gantikan Mahfud MD, Dasco: Jadi Wakil Ketua DPR Sudah Berat

"Saya hanya jalankan amanah sebagai Pimpinan DPR, terutama pada saat ini bagaimana mengimbangi pemerintah dalam penanganan lonjakan kasus COVID-19 yang belum kita tahu kapan selesai," ujarnya.

Sebelumnya beredar wacana adanya perombakan kabinet, salah satu nama yang mencuat adalah Sufmi Dasco Ahmad yang dikabarkan akan menjadi Menkopolhukam.

Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai munculnya nama Dasco sebagai calon Menkopolhukam patut diperhitungkan.

Menurut dia, Dasco memiliki pengalaman di bidang politik dan hukum sehingga pantas menduduki posisi tersebut.

Baca Juga: IPW Desak Menkopolhukam Tegur Kapolri Soal Kasus Sumbangan Rp 2 Triliun

Namun Jerry menegaskan bahwa Presiden memiliki hak prerogatif untuk memilih nama yang menjadi menteri. Selain itu menurut dia, kriteria menjadi menteri juga harus dilihat seperti integritas, komitmen, berkarakter dan juga tegas.


 



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x