Kompas TV nasional kesehatan

Menkes: Indonesia Kebobolan Varian Delta dari Pintu Masuk Jalur Laut

Kompas.tv - 13 September 2021, 12:53 WIB
menkes-indonesia-kebobolan-varian-delta-dari-pintu-masuk-jalur-laut
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto
JAKARTA, KOMPAS TV  - Indonesia sempat mengalami gelombang kedua virus Covid-19 pada Juli 2021 lalu. Salah satu penyebabnya karena tak bisa membendung penyebaran virus corona varian baru bernama Delta dari India. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, setelah dilakukan evaluasi, diketahui kalau penyebaran virus varian Delta itu berasal dari kedatangan Warga Negara Asing (WNA) yang menggunakan transportasi laut. 

Ia mengakui jika pengawasan di jalur laut tak begitu ketat, sehingga banyak WNA dari India yang diizinkan masuk ke Tanah Air, padahal kondisinya sudah positif Covid-19. 

Baca Juga: Menkes Sebut Ada 3 Ribu Orang Positif Covid-19 yang Jalan-jalan ke Mal

"Pintu masuk kemarin Delta kita agak kebobolan karena kita lupa menjaga dari sisi lautnya, sehingga banyak kapal-kapal pengangkut barang yang masuk ke Indonesia dari India, krunya pada saat mendarat diizinkan turun sehingga menularkan," kata Budi saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).

Ia menyebut, bila di sektor transportasi udara, pengawasannya sudah baik. Bahkan, seluruh bandara sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat terhadap setiap penumpang yang datang dari luar negeri. 

"Pintu masuk udara relatif memang tesnya lebih baik, jadi entry test-nya dilakukan lebih baik, sudah hampir semua bandara kecuali Bandara Kualanamu yang bagus testing-nya, walaupun entrinya baik tapi masih ada catatan adalah exit test yang dilakukan sesudah masa karantina," ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran kementerian dan lembaga terkait agar sektor transportasi laut bisa lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. 

Baca Juga: Kemenkes Pastikan Data Pengguna Sistem eHAC Aman

"Di laut ini ada beberapa contohnya yang harus segera kita perbaiki terutama dari Batam karena banyak yang masuk di sana. Tapi kita juga nanti akan memonitor pernah masuk kemarin dari Dumai dan juga dari Cilacap, pada saat itu masuknya Delta dari sana," kata dia.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x