Kompas TV regional berita daerah

Promosikan Karya Musisi Lokal Lewat Lapak Ganjar Musik

Kompas.tv - 13 September 2021, 11:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Berbeda dengan Lapak Ganjar untuk UMKM yang berlaku setiap minggu, Lapak Ganjar musik berjalan setiap hari. Para musisi Jateng hanya cukup membuat instagram story kemudian di tag di akun @ganjar_pranowo. Story terpilih akan direpost @ganjar_pranowo yang kini telah memiliki 3,8 juta pengikut.

Untuk bisa direpost Ganjar harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya lagu tersebut harus ciptaan sendiri atau kolaborasi beberapa musisi dan bukan lagu cover. Selain itu, juga harus mencantumkan kabupaten atau kota asal. Peserta juga harus mencantumkan channel youtube yang dimiliki.

Ganjar yang ditemui di sebuah hotel di Kabupaten Semarang Kamis (9/9/2021) kemarin, mengatakan Lapak Ganjar musik ini teriinspirasi dari situasi pandemi yang membuat para pelaku seni tidak bisa tampil di panggung sehingga menganggu perekonomian para seniman. Bagi musisi yang sudah memiliki nama, menurut Ganjar tidak ada masalah untuk beralih ke media digital. Namun bagi musisi pendatang baru maka akan kesulitan, apalagi subscribe dan followernya masih sedikit, maka perlu bantuan untuk ikut mempromosikannya.

"Sebenarnya mereka biar bisa berkreasi dan ternyata saya tadi melihat postingan-postinganya bagus banget. Maka saya mau izin kepada mereka, bisa kita kumpulkan, kita posting, kita albunkan. Lalu kita bisa berjalan harapan, kita juga banyak nanti dari label-label yang kemudian bisa mendorong mereka untuk lebih produktif, mempunyai nilai ekonomis, golek duit, halal dan bagus. Beberapa kemarin kayak Yeni, Woro, kita tanya-tanya ternyata di tengah pandemi juga hasilnya bagus. Tetep, bisa kreatif di tengah pandemi dan memanfaatkan dunia digital malah bisa naik," kata Ganjar.

Begitu diluncurkan Rabu (8/9/2021), Lapak Ganjar musik langsung mendapatkan sambutan hangat dari seniman di Jawa Tengah. Dalam waktu sehari, telah ada 42 lagu ciptaan musisi Jateng yang dipromosikan lewat Lapak Ganjar Musik. Ganjar berharap lewat Lapak Ganjar Musik publik akan mengenal karya musisi Jateng. Selain itu, channel youtube para musisi juga akan bertumbuh penontonnya sehingga akan menghasilkan pendapatan bagi para musisi.

#lapakganjarmusik #musisijateng #ganjarpranowo

 

 


 



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x