Kompas TV tekno gadget

Awas! Getaran Sepeda Motor Ternyata Bisa Merusak Kamera iPhone, Kok Bisa?

Senin, 13 September 2021 | 12:47 WIB
awas-getaran-sepeda-motor-ternyata-bisa-merusak-kamera-iphone-kok-bisa
Ilustrasi kamera iPhone yang bisa rusak karena getaran jangka panjang dari sepeda motor. (Sumber: Unsplash/The Registi)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Apple menerbitkan halaman dukungan baru yang memuat penjelasan mengenai paparan getaran sepeda motor yang ternyata dapat merusak kamera iPhone.

Apple menjelaskan bahwa kameran iPhone memang didukung dengan sejumlah fitur seperti optical image stabilization (OIS) dan autofokus (AF) loop yang tertutup. Fitur tersebut membantu penggunanya untuk mengambil foto dan video yang bagus meski dalam kondisi yang sulit.

Fitur OIS tersedia untuk seri, iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus, iPhone 7, dan iPhone SE generasi ke-2. Sementara fitur AF tersedia di iPhone XS dan iPhone SE.

Baca Juga: IPhone 13 Belum Resmi Dirilis, Bocoran iPhone 14 dengan Desain tanpa Poni Sudah Muncul

Sayangnya, fitur tersebut dapat terpengaruh jika terkena paparan jangka panjang terhadap geratan amplitudo tinggi.

“Mengekspos iPhone Anda ke getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi, dapat menurunkan kinerja sistem kamera,” demikian pernyataan dari Apple, dikutip Senin (13/9/2021).

Perusahaan tersebut menyebutkan bahwa getaran tersebut dapat menyebabkan kualityas kinerja kamera iPhone, baik untuk menangkap gambar foto maupun video.

Apple lantas menyarankan agar pengguna iPhone tidak memasang ponselnya di sepeda motor, khususnya di bagian setang dan sasis atau kerangka motor, karena memiliki getaran yang tinggi.

“Mesin sepeda motor berdaya tinggi dan bervolume tinggi menghasilkan getaran amplitudo tinggi yang intens, yang ditransmisikan melalui sasis dan setang,” tulis Apple.

Baca Juga: Harga iPhone 13 Diperkirakan Lebih Mahal, Kok Bisa?

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Support Apple




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19