Kompas TV tekno gadget

Awas! Getaran Sepeda Motor Ternyata Bisa Merusak Kamera iPhone, Kok Bisa?

Kompas.tv - 13 September 2021, 12:47 WIB
awas-getaran-sepeda-motor-ternyata-bisa-merusak-kamera-iphone-kok-bisa
Ilustrasi kamera iPhone yang bisa rusak karena getaran jangka panjang dari sepeda motor. (Sumber: Unsplash/The Registi)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Apple menerbitkan halaman dukungan baru yang memuat penjelasan mengenai paparan getaran sepeda motor yang ternyata dapat merusak kamera iPhone.

Apple menjelaskan bahwa kameran iPhone memang didukung dengan sejumlah fitur seperti optical image stabilization (OIS) dan autofokus (AF) loop yang tertutup. Fitur tersebut membantu penggunanya untuk mengambil foto dan video yang bagus meski dalam kondisi yang sulit.

Fitur OIS tersedia untuk seri, iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus, iPhone 7, dan iPhone SE generasi ke-2. Sementara fitur AF tersedia di iPhone XS dan iPhone SE.

Baca Juga: IPhone 13 Belum Resmi Dirilis, Bocoran iPhone 14 dengan Desain tanpa Poni Sudah Muncul

Sayangnya, fitur tersebut dapat terpengaruh jika terkena paparan jangka panjang terhadap geratan amplitudo tinggi.

“Mengekspos iPhone Anda ke getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi, dapat menurunkan kinerja sistem kamera,” demikian pernyataan dari Apple, dikutip Senin (13/9/2021).

Perusahaan tersebut menyebutkan bahwa getaran tersebut dapat menyebabkan kualityas kinerja kamera iPhone, baik untuk menangkap gambar foto maupun video.

Apple lantas menyarankan agar pengguna iPhone tidak memasang ponselnya di sepeda motor, khususnya di bagian setang dan sasis atau kerangka motor, karena memiliki getaran yang tinggi.

“Mesin sepeda motor berdaya tinggi dan bervolume tinggi menghasilkan getaran amplitudo tinggi yang intens, yang ditransmisikan melalui sasis dan setang,” tulis Apple.

Baca Juga: Harga iPhone 13 Diperkirakan Lebih Mahal, Kok Bisa?

Apple juga menjelaskan bahwa memasang iPhone ke kendaraan volume kecil seperti moped atau skuter sekalipun dapat menyebabkan getaran dengan amplitudo yang relatif rendah.

Namun, perusahaan tersebut merekomendasikan untuk memasang peredam getaran untuk mengurangi risiko kerusakan pada kamera iPhone dan sistem OIS serta AF.



Sumber : Support Apple

BERITA LAINNYA



Close Ads x