Kompas TV nasional kesehatan

Jika Sudah Sembuh dari Covid-19, Apakah Masih Perlu Terima Vaksin? Ini Jawabannya

Kompas.tv - 13 September 2021, 11:30 WIB

KOMPAS.TV - Anda kembali bersama segmen Sehat di Tengah Pandemi, seperti biasa setiap hari senin kita akan membahas seputar tanya jawab vaksin covid 19.  

Anda dapat melayangkan pertanyaan melalui instagram @sapaindonesia_kompastv, sehari sebelum tayang atau melalui telepon interaktif saat ini, di nomor 021-5366-0500.

Berikut pertanyaan terpilih via instagram yang akan dijawab langsung oleh Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), Profesor Hindra Irawan Satari:

1. @rfly663, selamat pagi dok, saya pernah positif covid-19  dan sudah sembuh. Saya vaksin astra yang saya rasakan setelah vaksin saya tidak demam, hanya nyeri disekitar bekas suntikan kurang lebih 5 hari dok. Kedepannya apakah tidak ada masalah dok? Makasih

2. @ridwanhidayat109, pagi dokter, pada tanggal 25 agustus saya ikut vaksin dosis 1. Pasca vaksin hari itu juga hingga besoknya yang saya rasakan ngantuk dan mudah lapar tetapi tidak pusing, tidak mual dan persendian saya juga tidak nyeri. Setelah 2 hari kemudian tubuh saya kembali normal dok. Ketika  tanggal 1 september di malam harinya dok, persendian saya terasa nyeri dan kepala saya pusing. Itu termasuk efek pasca vaksin atau kenapa ya dok?

3. @amaqsilmi, selamat pagi dokter. Usia saya 28 tahun dok. Saya adalah seorang penderita batu ginjal dok, saat ini saya sedang menjalani pengobatan untuk penyakit saya ini dok. Apakah diperbolehkan dok riwayat penyakit seperti saya ini di vaksin dok? Atau saya harus menyelesaikan pengobatan terlebih dahulu dok? Mohon penjelasannya dok, makasih

Simak jawaban selengkapnya dari Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), Profesor Hindra Irawan Satari dalam tayangan berikut ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x