Kompas TV nasional viral

Hoaks Kabar Megawati Meninggal, Ternyata Video Lama Henry Yosodiningrat

Kompas.tv - 13 September 2021, 10:03 WIB
hoaks-kabar-megawati-meninggal-ternyata-video-lama-henry-yosodiningrat
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Sumber: DPP PDIP )
Penulis : Fadhilah | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jagat media sosial diramaikan dengan beredarnya sebuah video yang menyebut bahwa Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Megawati Soekarnoputri meninggal dunia.

Unggahan pada video TikTok itu memperlihatkan kader PDIP Henry Yosodiningrat seolah menyampaikan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya Megawati.

Sementara dari hasil penelusuran, informasi bahwa Megawati Soekarnoputri meninggal dunia tersebut adalah tidak benar.

Baca Juga: Bantah Kabar Sakit, Megawati: Alhamdulillah Saya Sehat Walafiat

Mengutip Kompas.com, video ucapan bela sungkawa Henry tersebut merupakan video lama yang kemudian dipotong.

Video asli dari potongan video itu merupakan ucapan belasungkawa Henry atas meninggalnya Nazarudin Kiemas, yang merupakan adik dari almarhum Taufik Kiemas, suami Megawati Soekarnoputri.

Hal tersebut sebagaimana terlihat dalam video asli yang diunggah akun Youtube Lintas Parlemen.

Video itu berjudul “Bukan hanya PDIP Berduka-INDONESIA pun IKUT BERDUKA” dan merupakan video lama yang diunggah pada 5 April 2019.

Megawati Sehat

Belakangan, Megawati memang tengah didera dengan berbagai kabar hoaks terkait kondisi kesehatannya. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga sempat membantah informasi tersebut.

Selain itu, pada Jumat (10/9/2021) lalu, Megawati juga tampil di hadapan publik guna mengisi acara Pembukaan Training of Trainer (TOY) Pendidikan Kader Madya PDIP secara virtual di kediamannya di Jalan Teuku Umar.

Dalam kesempatan itu, Megawati menegaskan bahwa dirinya sehat. Mantan Presiden RI itu juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan doa yang diberikan kepadanya.

"Alhamdulillah saya dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang satu apa pun dan terima kasih atas perhatiannya dan doanya," kata Megawati.

Dengan demikian, dapat disimpulkan, informasi video viral di TikTok mengenai meninggalnya Megawati adalah hoaks.


Megawati juga mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto sempat menangis karena jengkel atas beredarnya isu bahwa Megawati jatuh sakit.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.