Kompas TV regional berita daerah

Detik-Detik Penambang Pasir Panik, Banjir Lahar Hujan Mengalir Deras

Kompas.tv - 12 September 2021, 21:46 WIB
Penulis : Edika ipelona

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (12/9/2021) sore tiba-tiba mengeluarkan banjir lahar hujan. Akibatnya, sejumlah penambang pasir dan sopir panik dan segera menyelamatkan diri.

Inilah video amatir warga saat merekam detik-detik kepanikan para penambang pasir dan sopir truk di aliran Sungai Besuk Kobokan, Dusun Sumbersari, Desa Supit Urang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Jembatan Hanyut Diterjang Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

Sejumlah warga yang ada di atas tebing berteriak meminta warga yang sedang melakukan aktivitas penambangan pasir agar segera berhenti. Sebab banjir lahar hujan Gunung Semeru terlihat jelas menerjang aliran sungai tersebut.

Tak lama kemudian, banjir  lahar hujan datang cukup deras. Beruntung, saat banjir datang semua penambang dan truk berhasil keluar dari aliran sungai. Namun saying, dibagian hilir di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, ada dua truk yang terjebak di tengah sungai lantaran tidak mengetahui kalau terjadi banjir lahar.

Untuk sementara, dua truk pasir yang terjebak tersebut akan menunggu aliran sungai surut kembali. Banjir lahar hujan sendiri terjadi setelah kawasan puncak Gunung Semeru diguyur hujan deras.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x