Kompas TV internasional kompas dunia

Peringatan 20 Tahun Tragedi 9/11, Suasana Haru Selimuti Lokasi Kejadian

Kompas.tv - 12 September 2021, 17:15 WIB
Penulis : Dea Davina

AMERIKA SERIKAT, KOMPAS.TV - Suasana haru juga menyelimuti lokasi serangan 11 September di menara kembar, World Trade Center, yang kini menjadi One World Trade Center.

Warga berdatangan, memberikan penghormatan kepada mereka yang meninggal dunia akibat serangan yang terjadi 20 tahun lalu itu.

Pita-pita putih, diikatkan warga yang masih berduka, akibat serangan teror yang menewaskan lebih dari 3.000 orang di tiga tempat berbeda di Amerika Serikat itu.

Mereka yang datang, sebagian besar adalah para penyintas, juga keluarga korban, maupun relawan yang membantu mencari korban di bawah reruntuhan bangunan.

Doa dan karangan bunga pun membanjiri tugu-tugu peringatan 11 September.

Sebelumnya, upacara peringatan 20 tahun serangan 11 September juga digelar di Ground Zero, lokasi serangan maut yang menewaskan sekitar 3.000 orang.

Tiga Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan pendahulunya Barack Obama, dan Bill Clinton, juga hadir memberikan penghormatan, di tengah-tengah para keluarga dan kerabat korban di plaza peringatan di New York.

Tugu dan plaza memorial ini berdiri di atas lokasi menara kembar World Trade Center yang roboh ditabrak sejumlah pesawat komersial yang dibajak teroris.

20 tahun lalu, serangan teror pembajakan pesawat ini juga menyasar Pentagon, dan Shanksville, Pennsylvania.

Tak hanya warga Amerika Serikat, serangan teror 11 September 2001 itu, juga menewaskan 67 warga Inggris.

Sabtu (11/09) waktu setempat, warga, dan keluarga korban pun menghadiri acara peringatan serangan 11 September di tugu memorial di Olympic Park, London. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.