Kompas TV nasional peristiwa

Untuk Percepat Peralihan Pandemi ke Endemi, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 12 September 2021, 16:48 WIB
untuk-percepat-peralihan-pandemi-ke-endemi-pemerintah-gencarkan-vaksinasi-covid-19
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. (Sumber: KOMPAS/PRIYOMBODO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan saat ini pemerintah tengah mempersiapkan transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi. 

Hal ini, kata Muhadjir, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingat Covid-19 belum diketahui kapan akan hilang.

Adapun upaya pemerintah dalam menyiapkan transisi pandemi menjadi endemi, yakni dengan menggencarkan percepatan vaksinasi Covid-19 di Tanah Air.

"Pemerintah saat ini menggencarkan vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu langkah persiapan transisi pandemi jadi endemi," kata Muhadjir dikutip dari kerangan tertulisnya, Minggu (12/9/2021). 

Tak hanya vaksinasi, Menko PMK menekankan kunci untuk mengubah status pandemi jadi endemi juga ada pada kesadaran masyarakat untuk terus terbiasa mematuhi protokol kesehatan.

Antara lain, seperti selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

"Tidak usah disuruh, tidak usah dipelototi oleh aparat, pak polisi tidak perlu menggiring semua orang untuk pakai masker. Maka itu endemi akan terjadi," ujar dia menegaskan. 

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Covid-19 Tak Mungkin Hilang, Transisi dari Pandemi ke Endemi Harus Dilakukan

Menurutnya, endemi juga bakal terjadi bila masyarakat sudah terbiasa dan memiliki anggapan Covid-19 akan selalu berada di sekitarnya seperti penyakit pada umumnya.

Termasuk, lanjut dia, masyarakat juga bisa memahami akan kondisinya, seperti berani memeriksakan diri saat merasa tertular Covid-19 dan pernah melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi. 

"Pokoknya kalau kesadaran masyarakat tumbuh, maka proses endemisasi dari Covid-19 sudah berjalan," ungkap Muhadjir. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi meminta seluruh pihak mulai menyiapkan transisi dari masa pandemi ke endemi karena Covid-19 dianggap tidak akan hilang dalam waktu dekat.

"Karena kita tahu Covid-19 ini tidak mungkin akan hilang. Oleh sebab itu, kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi,” kata Presiden Jokowi saat meninjau vaksinasi di SLB Negeri 1 Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (10/9/2021).

Pada masa peralihan, kata Presiden, seluruh pihak perlu mulai belajar hidup bersama dengan Covid-19.

Hal tersebut penting agar masyarakat tidak memiliki euforia berlebihan dan tetap waspada terhadap bahaya Covid-19 yang setiap saat masih bisa menyerang.

Baca Juga: Wapres: Pemerintah Siapkan Tambahan Dosis Vaksin untuk Masuk ke Level Endemi Covid-19



Sumber : Kompas TV/Laman Kementerian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

BERITA LAINNYA



Close Ads x