Kompas TV nasional kriminal

10 Situs Instansi Pemerintah Indonesia yang Diretas Setahun Terakhir

Kompas.tv - 12 September 2021, 17:33 WIB
10-situs-instansi-pemerintah-indonesia-yang-diretas-setahun-terakhir
Ilustrasi hacker atau peretas. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV –  Situs atau laman resmi milik instansi pemerintah seperti menjadi target para peretas, mulai dari situs Komisi Pemilihan Umum Daerah hingga situs Sekretariat Kabinet.

Uniknya, sebagian peretas meninggalkan kalimat-kalimat lucu seperti “Tetaplah bersamaku walau pun dunia ini kacau”, dan sejumlah tulisan galau lain.

Berikut sejumlah laman resmi instansi pemerintahan di Indonesia yang diretas sejak tahun 2020 hingga 2021.

1) Situs KPUD Bantul

Situs resmi KPU Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni  kab-bantul.kpu.go.id diretas pada Minggu, (5/1/2020).

Dilansir Kompas.com, tampilan situs tersebut berubah menjadi latar belakang hitam. Pada layar juga muncul foto sepasang pria dan wanita dengan emotikon hati pada mulutnya.

Di bawah foto terpampang tulisan “Hacked by Mr. Rm19 Tetaplah bersamaku walau pun dunia ini kacau, aku mencintai mu setulus hati ku, kamu tidak perlu tau aku siapa di depan komputer yang harus kamu tau adalah AKU MENCINTAI MU!”.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, mengatakan bahwa situs mereka diretas sejak Minggu (5/1/2020). "Saat ini kami sudah konsultasikan dengan KPU DIY," kata Didik melalui pesan singkat, Senin (6/1/2020). 

2) Situs Pemprov DKI Jakarta

Pada Kamis (12/3/2020), situs resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diretas, yakni corona.jakarta.go.id. Situs tersebut berisi berbagai informasi tentang virus corona tipe 2.

Peretasan menggunakan sistem DDoS (Distributed Denial of Service).

"Web informasi corona.jakarta.go.id untuk beberapa saat tidak dapat diakses untuk sementara waktu dikarenakan ada gangguan DDoS, yakni adanya traffic yang membanjiri lalu lintas jaringan internet yang mengarah ke website, yang terjadi sejak pukul 17.00," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta Atika Nur Rahmania.

3) Situs Kemenkes

Pada Rabu (30/9/2020), sejumlah situs yang berafiliasi dengan situs resmi Kementerian Kesehatan diserang oleh peretas.

Salah satunya adalah situs http://roum.kemkes.go.id/ . Peretas menuliskan kalimat “Website ini disita oleh rakyat” dengan warna font merah pada tampilan situs.

Peretas juga memasang foto Menteri Kesehatan Indonesia Terawan Agus Putranto, mantan jubir Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di samping kiri Terawan.

Baca Juga: Situs Lembaga Negara Kerap Diretas, Anggota Komisi I Tuntut BSSN Perbaiki Kinerja



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.