Kompas TV regional berita daerah

Cerita Tana Tidung, Kabupaten di Kalimantan yang Tak Punya Aset Pemerintah Gara-gara Dikuasai Swasta

Kompas.tv - 12 September 2021, 08:20 WIB
cerita-tana-tidung-kabupaten-di-kalimantan-yang-tak-punya-aset-pemerintah-gara-gara-dikuasai-swasta
Salah satu areal publik di sudut kota Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara. (Sumber: tanatidungkab.go.id)
Penulis : Gading Persada

KALTARA, KOMPAS.TV- Tana Tidung namanya. Ini sebuah kabupaten yang tergolong baru di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Usianya pun baru 14 tahun dan ternyata Kabupaten Tana Tidung (KTT) tak memiliki aset pemerintahan lantaran seluruh tanah di kabupaten tersebut dikuasai perusahaan.
Bagaimana ceritanya?

Bupati Tanah Tidung Ibrahim Ali mengakui hal tersebut. Ia mengatakan pemerintahannya tidak memiliki aset dan tidak ada gedung yang menjadi pusat pemerintahan representatif, 

‘’Kabupaten Tanah Tidung berusia 14 tahun namun tidak memiliki gedung pemerintahan. Wilayah kami tercatat memiliki luas sekitar 4.824 Km2 atau sekitar 400.000 hektar lebih. Tapi semua tanah dimiliki perusahaan,’’ujar Ibrahim Ali, Sabtu (11/9/2021). 

Baca Juga: Kapal Cepat Tabrak Bakau di Tana Tidung, 5 Orang Tewas

Melansir Kompas.com, Minggu (12/9),  ia mengungkapkan sekitar 193.000 hektar lahan di wilayahnya merupakan kawasan Hutan Tanam Industri (HTI) serta Hutan Tadah Hujan (HTH) milik PT Adindo.

Ditambah sekitar 193.000 hektar lain merupakan HTI dan HTH milik PT Intraca. 

"Sementara sekitar 30 persen wilayah KTT adalah lahan gambut. Dan Areal Penggunaan Lain (APL) kita itu sudah terbit untuk izin perkebunan sawit, selebihnya adalah Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK)," imbuhnya.

Ibrahim Ali menegaskan, aset-aset pemerintah yang dibangun semuanya berada di atas lahan hutan produksi milik korporasi. 

Ironinya, bangunan sekolah dengan luas sekitar 56 hektar, yang dibangun di lahan milik anak perusahaan BUMN justru menjadi polemik karena perusahaan meminta pembayaran sewa kepada Pemerintah Derah KTT. 

Baca Juga: Amankan Aset, KPK Dorong Pemkot Sertifikasi Bonbin Bandung



Sumber : kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x