Kompas TV video sinau

Simak! Cara yang Dilakukan untuk Melawan Pelecehan Seksual Secara Verbal

Kompas.tv - 11 September 2021, 21:59 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Kita sering tidak sadar, kalau sedang mengalami pelecehan seksual. Termasuk ketika bergurau dalam lingkaran pertemanan. Sebab tindakan seksual secara fisik, berangkat dari perkataan yang dibiarkan oleh si korban,kita tidak boleh membiarkan pelecehan seksual baik secara fisik maupun verbal.

melansir dari halodoc.com, berikut cara menanggapi pelecehan seksual secara verbal:

1.Jangan Diam

ungkapkan rasa ketidaksukaan pada gurauan yang berbau seksual. Harus berani bicara dan tegas katakan, kalau merasa tidak nyaman dalam kondisi tersebut.

2.Pergi Menjauh

Jangan mendekati lingkungan yang kerap berbicara atau bergurau dengan unsur seksual. Hindari teman-teman yang gemar bergurau mengenai seksual.

3.Jangan merespon dengan biasa saja

tunjukan bahwa gurauan atau suasana sudah tidak membuat nyaman. Jika tetap dibiarkan, seolah itu menjadi sebuah kewajaran, dan bisa jadi gerbang untuk tindakan selanjutnya, bisa saja pelecehan yang sudah masuk ke ranah fisik.

Jika mengalami pelecehan seksual, jangan diam saja. ceritakan pada orang terdekat, apa yang telah dialami. Dengan demikian korban bisa mendapat dukungan dan kestabilan mental. Sebab pengalaman buruk tentang pelechan seksual tidak boleh dianggap sepele, sangat berpengaruh terhadap kestabilan mental seseorang. 

Baca Juga: Terduga Pelaku Pelecehan Seksual di KPI Lapor Balik setelah Korban Tolak Surat Damai

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x