Kompas TV internasional kompas dunia

Saudara Mantan Wapres Afghanistan Ditembak Mati Taliban

Kompas.tv - 11 September 2021, 20:13 WIB
saudara-mantan-wapres-afghanistan-ditembak-mati-taliban
Pasukan Taliban berjaga-jaga di gerbang Panjshir, Rabu (8/9/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

PANJSHIR, KOMPAS.TV - Rohullah Azizi, saudara kandung dari Amrullah Saleh, mantan wakil presiden Afghanistan, dilaporkan ditembak mati Taliban pada Kamis (9/11/2021). Hal tersebut diungkapkan keponakan Amrullah, Shuresh Saleh, Sabtu (11/9/2021).

Shuresh menyatakan bahwa Azizi, yang juga merupakan pamannya, ditembak mati di daerah utara provinsi Panjshir, wilayah yang menjadi pusat pasukan anti-Taliban.

Menurut Shuresh, pamannya hendak pergi ke suatu tempat sebelum ditembak. Rohullah disebut pergi menggunakan mobil bersama sopirnya.

Di tengah jalan, mereka melalui sebuah pos pemeriksaan Taliban. “Yang kami dengar hingga saat ini adalah Taliban menembaknya dan sopirnya di pos pemeriksaan,” kata Shuresh kepada Associated Press.

Pasukan Taliban diduga segera mengenali Rohullah sehingga dia ditembak mati. Rohullah sendiri merupakan salah satu pejuang anti-Taliban yang dipimpin oleh saudaranya sendiri, Amrullah Saleh.

Baca Juga: Kabur dari Taliban, Mantan Komandan Pasukan Khusus Afghanistan Malah Ditangkap Polisi di Inggris

Ketika Taliban merebut Kabul, Amrullah Saleh mendeklarasikan diri sebagai presiden interim usai Ashraf Ghani kabur ke luar negeri. Politisi berusia 48 tahun ini menempati pos wakil presiden sejak Februari 2020 lalu.

Sejak Taliban mendongkel pemerintahan Afghanistan, Panjshir disebut sebagai satu-satunya provinsi yang belum dikuasai kelompok itu. Namun, sejak akhir Agustus, Taliban menggempur wilayah tersebut dan mengklaim telah berhasil merebutnya pada awal September.

Baca Juga: PBB Kecam Taliban atas Kekerasan terhadap Demonstran dan Jurnalis Afghanistan

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x