Kompas TV travel jelajah indonesia

5 Wisata Sungai di Yogyakarta yang Bea Masuk Bayar Seikhlasnya

Sabtu, 11 September 2021 | 17:27 WIB
5-wisata-sungai-di-yogyakarta-yang-bea-masuk-bayar-seikhlasnya
Taman Batu Kapal. Sejumlah pengunjung berpose di area obyek wisata Taman Batu Kapal, Klenggotan, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. (Sumber: Kurniawan Eka Mulyana)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Yogyakarta yang dikenal sebagai kota budaya merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia. Meski menyandang julukan kota budaya, Yogyakarta bukan hanya menawarkan wisata budaya semata.

Yogyakarta memiliki sejumlah obyek wisata alam, seperti pantai dan dataran tinggi. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah wisata sungai pun mulai dibuka.

Sebagian obyek wisata sungai tersebut dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Mereka menyadari potensi yang ada di wilayahnya dan mulai mengelola, baik melalui BUMDes maupun kelompok warga.

Tak jarang obyek wisata yang dikelola secara swadaya tersebut terkenal setelah viral di media sosial.

Berikut 5 obyek wisata sungai di Yogyakarta yang dikelola secara swadaya oleh warga dan cukup bayar seikhlasnya untuk biaya masuk.

Baca Juga: Perkembangan Wilayah Kesultanan Yogyakarta dari Waktu ke Waktu

1) Batu Kapal

Batu Kapal atau lengkapnya Taman Wisata Batu Kapal terletak sekitar 17 kilometer ke arah timur dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Klenggotan, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul.

Daya tarik utama Taman Wisata Batu Kapal yang berada di tepi Sungai Opak ini adalah bebatuan yang ada di tepi sungai. Bentuk tebing bebatuan yang ada sangat unik, dengan corak lapisan batu bergaris-garis.

Selain berswafoto dengan latar belakang corak bebatuan unik, pengunjung yang membawa anak kecil juga bisa bermain air di aliran sungai tersebut. Tapi, pengelola melarang bermain air saat musim hujan tiba.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:30
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19