Kompas TV internasional kompas dunia

9/11: Ini Foto-Foto Tak Terlupakan Tragedi Serangan 11 September 2001

Kompas.tv - 11 September 2021, 07:05 WIB
9-11-ini-foto-foto-tak-terlupakan-tragedi-serangan-11-september-2001
Asap hitam tebal membumbung ke angkasa dari area menara kembar World Trade Center yang runtuh di belakang Patung Liberty (kiri bawah) pada Selasa, 11 September 2001 silam. (Sumber: P Photo/Daniel Hulshizer, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

NEW YORK, KOMPAS.TV – Selasa, 11 September 2001. Hari yang bagi banyak orang tak mungkin terlupakan, terutama bagi rakyat Amerika Serikat (AS).

Pada hari itu, sekelompok teroris membajak sejumlah pesawat komersial dan menabrakkan ke menara kembar World Trade Center (WTC) di New York, Pentagon di Washington dan sebuah lapangan di Pennsylvania.

Serangan tersebut meruntuhkan menara kembar WTC setinggi 110 lantai di Manhattan itu dan menewaskan hampir 3.000 orang.

Disortir dari Associated Press, berikut sejumlah foto yang mendokumentasikan besarnya skala tragedi itu. Para saksi mata menggambarkan momen itu layaknya kiamat, sureal, kejam, menghantui, monumental sekaligus personal.

Butuh perjuangan berat untuk mengingat momen itu, namun sungguh tak mungkin terlupa.

Baca Juga: 9/11: Bagaimana Serangan 9/11 Menyisakan Pahit dan Luka bagi Warga Afghanistan Kini

Para pejalan kaki tampak memandangi asap tebal yang keluar dari gedung World Trade Center di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 11 September 2001. (Sumber: AP Photo/Amy Sancetta, File)
Asap tebal membumbung ke angkasa seiring ledakan disertai kobaran api saat dua pesawat komersial yang dibajak, menabrakkan diri ke menara kembar World Trade Center di New York, Amerika Serikat, Selasa (11/9/2001). (Sumber: AP Photo/Chao Soi Cheong, File)
Api berkobar dan asap tebal membumbung dari menara utara gedung World Trade Center di Manhattan, New York, Amerika Serikat, Selasa, 11 September 2001. (Sumber: AP Photo/David Karp, File)

Baca Juga: 9/11: Bagaimana Serangan 9/11 Membentuk Joe Biden Sebagai Presiden Amerika Serika

Seseorang tampak terjun bebas terjatuh dari ketinggian dari menara utara World Trade Center, sementara seseorang lainnya tampak berpegangan di luar gedung (kiri) saat gedung itu terbakar dan mengeluarkan asap pada Selasa, 11 September 2001. (Sumber: AP Photo/Richard Drew, File)
Orang-orang tampak berlarian saat menara selatan gedung World Trade Center di Manhattan, New York, Amerika Serikat, runtuh pada Selasa, 11 September 2001. (Sumber: AP Photo/Amy Sancetta, File)
Asap membumbung tinggi setelah kedua pesawat menabrak menara World Trade Center di New York 11 September 2001 lalu. (Sumber: AP Photo/Richard Drew)
Kobaran api disertai asap tebal tampak dari sebuah gedung di Pentagon di Washington, Amerika Serikat, Selasa, 11 September 2001. (Sumber: AP Photo/Will Morris, File)

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.