Kompas TV nasional politik

PDIP Telat Ucapkan Ulang Tahun ke Demokrat, Hasto: Itu yang Salah Saya

Kompas.tv - 11 September 2021, 05:05 WIB
pdip-telat-ucapkan-ulang-tahun-ke-demokrat-hasto-itu-yang-salah-saya
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Sumber: Ihsanuddin/Kompas.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku salah karena lupa mengucapkan selamat ulang tahun ke Partai Demokrat.

Pernyataan itu disampaikan Hasto Kristiyanto merespons Kompas.TV, Jumat malam (10/9/2021).

“Terkait ucapan selamat Ultah Partai Demokrat, itu yang salah saya, harusnya kirim ucapan,” kata Hasto Kristiyanto.

Hasto menuturkan, kesekjenan PDI Perjuangan tengah sibuk mendata berapa banyak kader yang meninggal akibat pandemi Covid-19 untuk mendapat bantuan dari partai.

Selain itu, PDIP juga disibukkan melakukan klarifikasi terkait dengan kabar hoaks ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri, yang diisukan sakit bahkan koma.

Kesibukan tersebut, menurut Hasto, membuatnya lupa untuk mengucapkan selamat ulang tahun ke Partai Demokrat.

“Selama ini tradisi kami dalam setiap ulang tahun partai lebih banyak ke dalam melakukan kritik dan otokritik,” ujarnya.

Baca Juga: PDIP Akhirnya Ucapkan Selamat Ulang Tahun Partai Demokrat, Semoga…

Namun, lanjut Hasto, ucapan selamat itu juga penting karena itulah lebih baik terlambat dari pada tidak. PDIP pun mengucapkan selamat ulang tahun kepada Partai Demokrat.

“Semoga seluruh amanat pendirian Partai Demokrat yang sama juga momentumnya dengan tanggal Ultah Pak SBY terus melakukan langkah konsolidasi dan PDI Perjuangan menghormati posisi Demokrat yang berada di luar Pemerintah,” ucap Hasto.

“PDI Perjuangan pernah 10 tahun berada di luar pemerintahan seperti Partai Demokrat sekarang.”

Sebelumnya, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyayangkan sikap dari para elite partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Bahkan, itu pun menjadi pertanyaan dari banyak kader internal.

Baca Juga: PDIP Tak Ucapkan Selamat saat Ulang Tahun Demokrat, Politikus Demokrat: Kami Menyayangkan Itu

“Kami tentu menyayangkan tak adanya ucapan dari PDIP. Di grup WhatsApp pengurus DPP PD juga ramai mempertanyakan ini ketika pimpinan partai-partai lain telah diputarkan video ucapan selamatnya,” kata Kamhar.

Padahal, kata Kamhar, Presiden Joko Widodo yang berasal dari PDIP saja tidak sungkan memberikan selamat kepada Partai Demokrat.

“Bahkan Pak Presiden Jokowi dan Wapres KH. Prof. Ma'ruf Amien pun memberikan ucapan selamat hari ulang tahun untuk Partai Demokrat sekalipun Partai Demokrat bersikap oposisi. Demikian pula Pak JK,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x