Kompas TV internasional kompas dunia

Amazon Tanggung 100 Persen Biaya Pendidikan 750.000 Pekerjanya

Jumat, 10 September 2021 | 15:04 WIB
amazon-tanggung-100-persen-biaya-pendidikan-750-000-pekerjanya
Logo Amazon. (Sumber: AP Photo / Steven Senne)

NEW YORK, KOMPAS.TV- Ketatnya pasar tenaga kerja Amerika Serikat, membuat perusahaan berlomba memikat calon pekerja. Amazon misalnya, menawarkan untuk menanggung 100 persen biaya pendidikan pada 750.000 pekerja paruh waktu di AS.

Kebijakan itu akan mulai dilakukan pada Januari tahun depan. Biaya yang ditanggung Amazon adalah uang kuliah dan biaya buku teks, untuk karyawan yang dibayar per jam dan telah bekerja selama 90 hari.

Tunjangan pendidikan itu bisa digunakan karyawan di ratusan lembaga pendidikan di AS. Langkah Amazon ini mengikuti peri telah besar lainnya, seperti Walmart dan Target. Juli lalu, Walmart membayar 100 persen uang kuliah dan uang buku untuk pekerja Walmart dan anak usahanya, Sam's Club.

Kemudian pada Agustus, Target mengumumkan menanggung biaya kuliah untuk gelar Diploma dan sarjana di sejumlah kampus.

Baca Juga: Amazon Buka Lowongan Kerja 55.000 Orang, Digaji Rp 242.000/Jam

CFO Amazon Brian Olsavsky mengatakan, kompetitifnya pasar tenaga kerja AS membuat perusahaan  mengeluarkan banyak uang untuk menarik minat pekerja.

Di sejumlah negara bagian AS, Amazon bahkan menawarkan bonus hingga 3.000 dollar AS atau setara Rp 42,9 juta (kurs Rp14.300) kepada karyawan baru.

"Kami menghabiskan banyak uang untuk penandatanganan dan insentif, dan meskipun kami memiliki tingkat staf yang sangat baik, itu bukan tanpa biaya," kata Olsavsky seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (10/9/2021).

Di sisi lain, pandemi Covid-19 tidak membuat bisnis Amazon lesu. Pembatasan kegiatan masyarakat membuat pembelian secara online meningkat tajam. Sejak tahun lalu, Amazon telah merekrut 500.000 orang untuk mengisi bagian gudang dan jaringan pengiriman. Cerminan dari besarnya pembelian di Amazon.

Perusahan milik miliarder dunia Jeff Besok ini, menggaji karyawannya sebesar 17 dollar AS per jam.

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

Sumber :


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Sedekah Bumi Demi Kehidupan Petani

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:43 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:07
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19