Kompas TV regional berita daerah

Gunung Semeru Luncurkan Lava Pijar, Status Masih Waspada

Kompas.tv - 10 September 2021, 14:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung semeru di Lumajang Jawa Timur kembali mengeluarkan guguran lava pijar sejak 24 jam terakhir. Meski aktivitasnya meningkat, namun gunung semeru masih berada di level II atau status waspada.

Guguran lava pijar terlihat pada malam hari dari Desa Oro-oro, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, pada Rabu Malam (8/9/2021).

Secara visual, luncuran lava pijar terlihat keluar dari arah puncak kawah Jonggring Saloko ke arah bukaan kawah arah tenggara Besuk Kobokan di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo.

Baca Juga: Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Semburan Lava Pijar Picu Kebakaran Hutan

“Berdasarkan data dari pos pengamatan gunung api pos Sawur, guguran lava masih berada di ambang batas normal, karena luncurannya masih jauh dari pemukiman warga,” ujar Kabid kedaruratan rehabilitasi dan konstruksi BPBD Lumajang, Joko Sambang.

Sementara dari data pengamatan kegempaan dalam 24 jam terakhir, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, mengalami 50 kali gempa letusan, 9 kali hembusan dan satu kali tektonik jauh.

Petugas BPBD setempat menghimbau kepada warga agar tidak melakukan aktivitas di area terdampak material awan panas, karena suhunya masih panas.

 

#GunungSemeru #LavaPijar #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.