Kompas TV video sinau

Apa Arti Lingkaran Warna Merah Pada Tabung Elpiji? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 10 September 2021, 19:02 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Tabung elpiji adalah bahan bakar alat dapur yang lazim digunakan untuk pemakaian kompor gas. Jika diperhatikan, setiap tabung elpiji memiliki lingkaran warna merah tepat di bawah mulut tabung.

Tahukah kamu, apa arti lingkaran merah pada tabung elpiji?

Lingkaran merah pada tabung gas bukanlah penanda kebocoran atau indikator ledakan. Melansir turnbackhoax.id, lingkaran merah di tabung elpiji merupakan penanda bahwa produk tersebut masuk dalam kategori mudah terbakar.

Ketentuan penandaan simbol warna merah tersebut mengikuti aturan produk berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berlaku. Dalam SNI disebutkan, semua produk yang mudah terbakar wajib menyantumkan simbol warna merah pada kemasannya.

Penggolongan warna merah sebagai indikator bahan berbahaya mudah terbakar ini juga sesuai dengan ketentuan American National Standards Institute (ANSI) atau National Fire Protection Association (NFPA).

Di sisi lain, untuk mengetahui apakah tabung gas elpiji masih aman seperti mengalami kebocoran atau tidak, bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Ciri-ciri kebocoran gas antara lain, tercium bau menyengat dan terdengar bunyi mendesis pada regulator. Selain itu, muncul gelembung udara dari titik kebocoran jika diusap dengan air sabun, serta bunga es pada titik kebocoran.

Sementara itu, pastikan membeli tabung yang kondisi segel kemasannya masih terkunci rapat untuk memastikan mendapatkan tabung elpiji yang aman.

Baca Juga: Siap-siap, Tahun Depan Elpiji 3 Kg Hanya untuk Pemegang Kartu Sembako

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x