Kompas TV internasional kompas dunia

Nyaris Bernasib seperti Ever Given, Kapal Kargo Raksasa Ini Sempat Nyangkut di Terusan Suez

Kompas.tv - 9 September 2021, 23:50 WIB
nyaris-bernasib-seperti-ever-given-kapal-kargo-raksasa-ini-sempat-nyangkut-di-terusan-suez
Kapal kargo raksasa berbendera Panama, Coral Crystal, dilaporkan sempat kandas selama 15 menit di titik kilometer 54 Terusan Suez, Mesir, Kamis (9/9/2021). (Sumber: Twitter Suez Canal Authority)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

KAIRO, KOMPAS.TV – Sebuah kapal pengangkut raksasa sempat kandas di Terusan Suez di Mesir pada Kamis (9/9/2021). Akibatnya, jalur air krusial yang menghubungkan Asia dan Eropa itu sempat tersumbat.

Otoritas Terusan Suez (SCA) menyatakan, kapal Coral Crystal berbendera Panama itu kandas di jalur ganda kanal. Associated Press melaporkan, pihak berwenang terpaksa mengalihkan konvoi kapal-kapal lain ke jalur lainnya.

Melansir Bloomberg, kapal kargo berbobot 43.000 ton itu kandas di titik kilometer 54 kanal. Kapal kargo itu berhasil dibebaskan 15 menit kemudian, setelah sejumlah kapal tunda milik SCA dikerahkan. Kapal itu pun kembali melanjutkan perjalanannya ke arah selatan kanal.

Baca Juga: Sayonara! Ever Given Akhirnya Angkat Sauh Tinggalkan Terusan Suez

Pihak SCA tidak mengungkap penyebab kandasnya kapal Coral Crystal. Dibangun pada 2012, Coral Crystal memiliki panjang hampir 225 meter dan lebar lebih dari 32 meter. Menurut perusahaan pelacak kapal Traffic Marine, kapal itu tengah dalam perjalanan menuju Pelabuhan Sudan di Laut Merah.

Citra satelit menunjukkan kapal kargo raksasa Ever Given yang masih kandas dan terjebak di Terusan Suez, Mesir pada hari ke-5, Sabtu (27/3/2021). (Sumber: Maxar Technologies via AP)

Insiden kandasnya kapal Coral Crystal terjadi kurang dari 6 bulan setelah kapal kargo raksasa berbendera Panama Ever Given kandas di jalur tunggal Terusan Suez. Saat itu, kandasnya Ever Given membuat lalu lintas di kanal air krusial dunia itu macet selama 6 hari.

Armada kapal tunda penarik dan beragam upaya yang dikerahkan, pula dengan bantuan pasang air laut, akhirnya berhasil membebaskan Ever Given.

Baca Juga: Terlambat 4 Bulan, Kapal Kargo Ever Given Akhirnya Bongkar Muatan 2.000 Kontainer di Inggris

Kandasnya Ever Given pada akhir Maret lalu itu menggangu lalu lintas pelayaran dan pengiriman dunia. Sekitar 10 persen perdagangan dunia mengalir melalui kanal yang menjadi sumber pendapatan penting bagi Mesir. Data resmi menyebut, sekitar 19.000 kapal melalui kanal itu tiap tahunnya.



Sumber : Associated Press/Bloomberg

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.