Kompas TV religi beranda islami

Ini Doa Sulit Tidur yang Diajarkan Nabi Muhammad

Kompas.tv - 9 September 2021, 22:53 WIB
ini-doa-sulit-tidur-yang-diajarkan-nabi-muhammad
Ilustrasi tidur (Sumber: bavorndej)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ini doa jika kamu sedang sulit tidur. Doa sulit tidur ini diajarkan oleh Nabi Muhammmad kepada sahabatnya yang sedang galau dan resah. 

Tentunya, masalah sulit tidur ini akan begitu menyakitkan, bukan?

Apalagi jika badan sudah begitu capek, sudah rebahan, komat-kamit merapalkan doa hingga menghitung jumlah kambing rekaan di atap kamar dan masih saja sulit menutup mata.

Ustadz Alhafiz Kurniawan, M. Hum, Dosen Agama Islam dari Universitas Indonesia (UI) mengisahkan bahwa hikayat awal mula doa sulit tidur ini diberikan kepada salah seorang sahabat Nabi

Suatu ketika sahabat Zaid bin Tsabit terjaga sepanjang malam. Ia gelisah, pikirannya mengelana. Ia sudah doa biasa, tapi tetap saja sulit tidur.

Baca Juga: Sulit Tidur Nyenyak Selama Pandemi? Penelitian Ini Ungkap Penyebabnya

Lalu datanglah Zaid bin Tsabit ke Nabi dan menceritakan bagaimana sulitnya ia tidur. Zaid pun mendapatkan doa seperti ini:

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya, “Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak memengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.”

Doa sulit tidur ini pun bisa kita amalkan. Semoga dengan doa sulit tidur ini tidur Anda bisa terlelap ya dan kembali bugar di keesokan harinya untuk beraktivitas.

Baca Juga: Doa Malam Jumat yang Penuh Berkah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.