Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tips agar Anak Cepat Bisa Membaca Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Kompas.tv - 10 September 2021, 04:35 WIB
tips-agar-anak-cepat-bisa-membaca-selama-pembelajaran-jarak-jauh
Ilustrasi orang membaca buku. (Sumber: Christian Wiediger / Unsplash)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menyebabkan orang tua harus membantu anak-anak mereka untuk belajar di rumah, termasuk mengajar anak untuk bisa membaca.

Namun, mengajari anak agar bisa membaca bukan hal yang mudah. Tak jarang mengajar anak membaca membutuhkan waktu yang cukup lama.

Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dalam belajar membaca. Selain itu, metode pembelajaran yang diberikan oleh orang tua pun memengaruhi kemampuan anak.

Padahal, untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, hal yang pertama kali harus dikuasai oleh anak adalah membaca.

Berikut 8 tips yang bisa dilakukan untuk mendorong anak lancar membaca:

1) Contohkan Cara Membaca yang Lancar

Anak memiliki kemampuan alami untuk cepat belajar. Hanya saja, terkadang orang tua tidak memerhatikan kemampuan anak belajar dari orang lain. Cobalah untuk memberi contoh cara membaca pada anak.

Saat memberikan contoh cara membaca, upayakan untuk menggunakan ekspresi dan emosi. Selanjutnya, biarkan anak melihat dan mendengar cara membaca yang lancar. Setelah itu, minta anak untuk menirukan cara membaca yang telah dicontohkan.

2) Beri Batasan Waktu

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memberi batasan waktu membaca pada anak, caranya dengan menggunakan stopwatch, misalnya diatur selama satu menit.

Saat anak membaca, perhatikan bagian-bagian yang salah. Jika anak menemukan bagian yang sulit, tanyakan penyebab kesulitannya dan minta dia mengulangi bacaan.

Cara ini sering berhasil karena anak dapat berlatih beberapa kali tanpa kehilangan fokusnya.

Penggunaan stopwatch bertujuan agar orang tua bisa mencatat jumlah kata yang dibaca dalam waktu tertentu. Cara ini juga akan memudahkan anak dan orang tua untuk mengetahui perkembangan kemampuan membacanya.

3) Buat Area Membaca



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.