Kompas TV religi beranda islami

Tak Bisa Berhenti Berbohong

Kompas.tv - 10 September 2021, 09:06 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Setelah mengetahui dahsyatnya neraka dengan berbagai azabnya maka sudah selayaknya setiap muslim membentengi diri darinya. 

Diantaranya adalah dengan menjaga lidahnya dari berkata yang membawa kecelakaan dirinya sendiri.

Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadist,

Dari ‘Uqbah bin ‘Aamir, dia berkata: “Aku bertanya, wahai Rasûlullâh, apakah sebab keselamatan?” Beliau menjawab:  “Kuasailah lidahmu, hendaklah rumahmu luas bagimu, dan tangisilah kesalahanmu”. (HR Tirmidzi).

Upaya menahan diri dari berkata dusta dan keutamaan jujur ini telah disabdakan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Dari ‘Abdullah, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kalian wajib jujur, karena sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebajikan, dan kebajikan membawa kepada surga. Jika seseorang senantiasa jujur dan berusaha untuk selalu jujur, akhirnya ditulis di sisi Allâh sebagai seorang yang selalu jujur. Dan jauhilah kedustaan, karena kedustaan itu membawa kepada kemaksiatan, dan kemaksiatan membawa ke neraka. Jika seseorang senantiasa berdusta dan selalu berdusta, hingga akhirnya ditulis di sisi Allâh sebagai seorang pendusta.” (HR. Muslim) 

Hadits ini menjelaskan bahwa dusta akan menyeret pelakunya ke neraka, maka sudah sebaiknya kita waspada.
 

Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.