Kompas TV tekno internet

Ini Ciri-Ciri Phising yang Perlu Diwaspadai seperti Situs Mirip Pedulilindungi

Kompas.tv - 9 September 2021, 21:36 WIB
ini-ciri-ciri-phising-yang-perlu-diwaspadai-seperti-situs-mirip-pedulilindungi
Ilustrasi phising. (Sumber: Pexels/Sora Shimazaki)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Seiring berkembangnya dunia teknologi, kejahatan siber juga semakin marak di dunia, termasuk Indonesia. Kejahatan siber yang kini banyak terjadi adalah phising.

Phising adalah modus penipuan yang bertujuan untuk mendapatkan data pribadi korban, termasuk email, kata sandi, hingga rekening. Umumnya, praktik phising dilakukan melalui website yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai website resmi dari suatu perusahaan atau instansi.

Beberapa yang lain juga menggunakan e-mail, media sosial, panggilan telepon, atau SMS yang mencatut nama institusi resmi untuk memerangkap korbannya.

Baca Juga: Heboh Situs Palsu Penanganan Covid-19, Kominfo Blokir Akses Pedulilindungia.com

Melansir laman resmi Federal Trade Commision, Kamis (9/9/2021), Pusat Pengaduan Kejahatan Internet FBI melaporkan bahwa seseorang kehilangan 57 juta dollar atau sekitar 812 miliar dalam setahun setelah masuk ke skema phishing.

Baru-baru ini, situs resmi pemerintah Indonesia pedulilindungi.id menjadi sasaran skema phising. Pelaku meniru alamat situs untuk mengelabuhi korbannya.

Jika situs pedulilindungi.id memiliki domain 'id', web phising ini memiliki alamat pedulilindungia.com dengan domain 'com'. Bahkan, logo, gambar, dan tampilan pada web phising ini menyerupai pedulilindungi.id yang asli.

"Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulilindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedu Permadi kepada Kompas.tv, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Mengenal Phishing, Modus Kejahatan Dunia Maya yang Kini Marak Terjadi

Ciri-Ciri Phising

Scammer atau orang yang melakukan trik phising terkadang memperbaharui teknik phising mereka, namun ada beberapa ciri-ciri umum yang membantu Anda mengenali phising. Phising tak hanya terjadi di situs atau website saja, tetapi pelaku juga bisa mengirimkan email kepada korbannya.

Berikut ciri-ciri phising yang patut diwaspadai:

  1. Email atau pesan teks phishing mungkin terlihat berasal dari perusahaan atau instansi yang terpercaya, seperti bank, perusahaan kartu kredit, aplikasi pembayaran online, atau toko online.
  2. Selain itu, email atau pesan teks phising biasanya berisi peringatan untuk mengelabuhi korbannya untuk meng-klik tautan atau mengunduh dan membuka lampiran.
  3. Email berisi pesan bahwa mereka telah melihaty beberapa aktivitas mencurigakan atau upaya masuk ke salah satu akun Anda.
  4. Email juga bisa berisi klaim bahwa ada masalah dengan akun atau informasi pembayaran Anda.
  5. Mengirimkan faktur palsu yang tidak pernah Anda lakukan.
  6. Email yang meminta Anda untuk mengunduh tautan.
  7. Menawarkan kupon untuk mendapatkan barang secara gratis

Baca Juga: Waspadai Pencurian Data Lewat 'Phising', WiFi Disebut Salah Satu Jenisnya

Nah, itu dia ciri-ciri phising yang perlu diwaspadai. Sebaiknya jangan sembarang mengklik atau mengunduh tautan email yang berasal dari seseorang yang tidak dikenal.



Sumber : Kompas TV/consumer.ftc.gov

BERITA LAINNYA



Close Ads x