Kompas TV regional berita daerah

Jadi Tempat Uji Coba Wisata yang Dibuka, DPRD Bantul Sebut Watu Lumbung Belum Siap

Kompas.tv - 9 September 2021, 20:28 WIB
jadi-tempat-uji-coba-wisata-yang-dibuka-dprd-bantul-sebut-watu-lumbung-belum-siap
Komisi B DPRD Bantul pun melakukan sidak untuk memastikan kesiapan Watu Lumbung, Kamis (9/9/2021). (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Watu Lumbung Bantul menjadi salah satu dari 20 destinasi wisata di Jawa yang diizinkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar uji coba pembukaan dan menerima kunjungan wisatawan. Komisi B DPRD Bantul pun melakukan sidak untuk memastikan kesiapan Watu Lumbung, Kamis (9/9/2021).

Hasilnya, destinasi wisata Watu Lumbung yang berada di Kretek, Parangtritis, Kretek, Bantul ini belum siap menerima kunjungan wisatawan. Bukan tanpa alasan, DPRD Bantul belum merekomendasikan tempat ini dibuka kembali.

"Kami kaget, dari sisi protokol kesehatan tidak terpenuhi, barang berserakan, dan tempatnya juga belum siap," ujar Ketua Komisi B DPRD Bantul Wildan Nafis.

Baca Juga: Sekolah di Bantul Pilih Tidak Buru-Buru Tatap Muka, Ini Alasannya

Dari pantauan sidak, di Watu Lumbung tidak memiliki sarana protokol kesehatan yang memadai, seperti wastafel dengan air mengalir untuk cuci tangan.  Demikian pula bangunan-bangunan semi permanen yang berdiri di sana sudah tidak terawat dan justru bisa membahayakan pengunjung.  

Ia menemukan banyak bangunan yang terbuat dari bambu yang sudah lapuk. Padahal Watu Lumbung berdiri di atas bukit dan banyak dataran yang curam dan akan sangat membahayakan pengunjung. Instalasi seni yang dipasang pengelola seperti televisi bekas di pinggir jalan justru terlihat mengotori kawasan itu.

Ia mempertanyakan kebijakan pemerintah pusat yang menetapkan Watu Lumbung menjadi tempat uji coba. Terlebih, lokasi itu tidak menerapkan retribusi yang bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut anggota DPRD Bantul ini, pemkab tidak mungkin mengusulkan Watu Lumbung sebagai uji coba. Ia menduga, pemerintah pusat merekomendasikan Watu Lumbung tanpa berkoordinasi dengan pemda.

Baca Juga: Kisah Embah Tuginem di Bantul Beli Ambulans dari Uang Hasil Panen untuk Penanganan Covid-19

Sementara, salah satu pengelola Watu Lumbung, Ari, mengaku sedang menyiapkan sarana prasarana yang menunjang protokol kesehatan. Ia juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mempersiapkan Watu Lumbung Bantul sebagai salah satu destinasi wisata yang mengikuti uji coba pembukaan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.