Kompas TV video sinau

Mengenal Apa itu APAR?

Kompas.tv - 9 September 2021, 17:59 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Berdasarkan jenisnya, Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Terbagi menjadi  beberapa jenis. Menyadur dari situs resmi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi, APAR terbagi menjadi menjadi beberapa jenis, yakni:

1.Jenis air,terdapat dalam bentuk stored pressure type (tersimpan bertekanan) dan gas cartridge type (tabung gas). Baik untuk pemadam kebakaran kelas A

2.Jenis Busa, efektif untuk memadamkan api dengan material utama minyak. Pemadaman api menggunakan  busa merupakan sistem isolasi, yaitu untuk mencegah oksigen untuk tidak ikut dalam reaksi rantai kimia.

3. Jenis CO2,efektif untuk memadamkan kebakaran kelas B (minyak) dan C (Listrik). Fungsinya untuk mengurangi kadar oksigen dan efektif untuk memadamkan kobaran api yang terjadi pada dalam ruangan (indoor). Pemadaman dengan gas arang ini dapat mengurangi kadar oksigen sampai dibawah 12%.

4.Jenis Tepung Kimia Kering,jenis ini efektif untuk kebakaran kelas B dan C, bisa juga untuk kelas A. Berisi dua macam bahan kimia, Sodium Bicarboanat & Natrium Bicarbonat, kemudian gas nitrogen sebagai pendorong. Khusus  pemadaman kelas D (logam) seperti Magnesium, Titanium, Zarcanium, dan lain-lain menggunakan metal-dry powder  campuran dari Sodium, Potasium, dan Barium Chloride.

5.Jenis halon, efektif untuk kebakaran dengan jenis cairan yang mudah terbakar dan peralatan listrik bertegangan (kebakaran kelas B dan C). 

Baca Juga: Update: Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah Menjadi 44 Orang

https://www.kompas.tv/article/209862/update-korban-tewas-kebakaran-lapas-tangerang-bertambah-menjadi-44-orang 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x