Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Atasi Jerawat Pakai Lidah Buaya, Begini Caranya

Kompas.tv - 9 September 2021, 13:16 WIB
atasi-jerawat-pakai-lidah-buaya-begini-caranya
Tanaman lidah buaya atau aloe vera. (Sumber: Wikimedia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jerawat di wajah pasti sangat mengganggu kenyamanan. Tidak hanya mengurangi kepercayaan diri, jerawat juga dapat membuat wajah terasa kotor. Untuk mengatasinya, terdapat sejumlah cara ampuh. Ramuan herbal yang mudah dibuat sendiri pun dapat dipakais untuk mengatasi jerawat.

Salah satu tanaman yang bisa dipakai untuk mengobati jerawat adalah lidah buaya. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat pun cukup mudah.

Lidah buaya adalah salah satu tanaman obat yang terkenal. Tanaman dengan nama Latin aloe vera ini memang memiliki sejumlah khasiat. Selain bisa untuk mengobati jerawat, lidah buaya bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, meredakan gatal, hingga menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih dan Lidah Buaya

Sebagai obat jerawat, lidah buaya mengandung hormon giberelin dan polisakarida yang dapat bertindak sebagai antibakteri. Antibakteri ini berfungsi membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Lidah buaya dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati yang bisa menggumpal sehingga menyebabkan infeksi bakteri.

Selain itu, gel lidah buaya juga mengandung antioksidan serta vitamin dan mineral lainnya yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri di kulit yang jerawatan.

Lalu, bagaimankah cara mengatasi jerawat dengan lidah buaya. Berikut cara penggunaannya sebagaimana disarikan Kompas.com.

1. Menggunakan lidah buaya segar.

Anda bisa memotong daun lidah buaya yang masih segar dan mengekstrak gelnya. Oleskan gel tersebut pada bagian kulit yang jerawatan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x