Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Resmi Luncurkan Perpres Desain Besar Olahraga Nasional di Peringatan Haornas 2021

Kompas.tv - 9 September 2021, 13:16 WIB
jokowi-resmi-luncurkan-perpres-desain-besar-olahraga-nasional-di-peringatan-haornas-2021
Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus bagi para atlet maupun pelatih yang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (13/8/2021). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo resmi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 26 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38, Kamis (9/9/2021).

Pada kesempatan sama, Jokowi menyampaikan, perayaan Haornas tahun ini hadir dengan catatan prestasi membanggakan atas raihan medali di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Pencapaian prestasi itu tak hanya membanggakan, kata eks Wali Kota Solo itu, tapi juga menginspirasi bangsa dan memacu prestasi-prestasi gemilang lainnya pada masa yang akan datang.

"Apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perjuangan dan kerja keras para atlet. Ketekunan dari para pelatih yang telah mampu mengasah talenta-talenta hebat sehingga mengharumkan nama bangsa melalui prestasi-prestasi olahraga," kata Jokowi dalam sambutan virtualnya, Kamis.

Baca Juga: Hari Olahraga Nasional, Berikut Ucapan dari Dua Pemain Manchester City

Selain memberikan ucapan selamat pada perayaan Haornas, Jokowi juga berterima kasih kepada insan olahraga dan masyarakat yang selalu mendukung kemajuan olahraga Indonesia.

Jokowi mengatakan prestasi olahraga harus terus ditingkatkan bersama-sama.

"Kita harus fokus bekerja untuk mencetak talenta-talenta hebat di bidang olahraga agar lahir makin banyak atlet unggul berprestasi yang akan mengharumkan Indonesia di kancah internasional," ujar Jokowi.

Kata manatan Gubernur DKI Jakarta itu, prestasi olahraga tidak muncul bergitu saja, melainkan oleh sebuah proses. Diperlukan pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan.

Namun dengan adanya DBON, Jokowi percaya Indonesia akan mampu bersaing dan meraih lebih banyak prestasi dalam dunia olahraga.

Dari itu, Jokowi mengajak seluruh pemangku kepentingan agar bersinergi menciptakan industri olahraga yang semakin modern dan menyelenggarakan berbagai kompetisi olahraga yang sehat dan memacu prestasi.

"Kita harus menemukan talenta-talenta unggul sejak dini sehingga menjadi pondasi yang kuat untuk memajukan dunia olahraga di Indonesia," tutur Jokowi.

Senda dengan presiden Jokowi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga mengungkapkan DBON akan menjadi harapan baru bagi Indonesia untuk meningkatkan prestasi olahraga.

"Pada kesempatan peringatan Haornas ke-38, sejarah baru telah kita ukir. Pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden sebagai payung hukum untuk pelaksanaan DBON," kata Zainudin Amali saat memberikan sambutan di Gelanggang Olahraga POPKI, Cibubur, Jakarta Timur.

"Ini juga menjadi penanda bahwa hari ini lahir harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia," pungkasnya.

Zainudin menambahkan, DBON nantinya akan mengatur dari hulu ke hilir keolahragaan nasional. Mulai dari pembinaan atlet hingga berujung pada prestasi olahraga di tingkat Olimpiade dan Paralimpiade.

Baca Juga: Menpora: Pemerintah akan Berikan Bonus kepada Atlet Paralimpiade Minimal Sama dengan Atlet Olimpiade



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x