Kompas TV bisnis kebijakan

Bantuan Rp1,2 Juta Untuk PKL-Warung Mulai Disalurkan, Medan Jadi yang Pertama

Kompas.tv - 9 September 2021, 12:26 WIB
bantuan-rp1-2-juta-untuk-pkl-warung-mulai-disalurkan-medan-jadi-yang-pertama
Usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) merupakan salah satu yang paling terdampak oleh pandemi covid-19 (Sumber: DOK : ESTADANA)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

MEDAN, KOMPAS.TV- Pemerintah mulai menyalurkan bantuan untuk PKL dan pemilik warung sebsar Rp1,2 juta. Uji coba program itu dilakukan di markas Polrestabes Medan, Sumatera Utara, hari ini Kamis (9/9/2021).

Sejumlah orang perwakilan PKL dan pemilik warung hadir untuk menerima bantuan. Hadir juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

"Hari ini saya sudah laporkan ke Bapak Presiden bahwa saya dan Menkeu hadir untuk uji coba. Kalau sistemnya lancar nanti Bapak Presiden akan melaunching," kata Airlangga dalam acara yang juga disiarkan langsung di akun instagram Kanwil Bea Cukai Sumut. 

Sementara Sri Mulyani mengatakan, bantuan akan diberikan kepada 1 juta PKL dan pemilik warung. Sehingga dana yang disiapkan pemerintah sebesar Rp1 triliun. Bantuan akan diberikan kepada penerima oleh TNI/Polri. 

Baca Juga: Kredit Macet Naik akibat Pandemi, Ini Solusi yang Ditawarkan Bankir ke Jokowi

"Dengan demikian tugas yang dilakukan oleh TNI/Polri di lapangan bisa dipahami oleh masyarakat karena kadang kita meminta warungnya harus tutup atau harus berpindah, maka kemudian diberikan bantuan. Itulah yang disampaikan oleh Bapak Presiden," ujar Sri Mulyani. 

Kriteria PKL dan warung yang berhak menerima Rp1,2 ini adalah mereka yang belum pernah menerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BUPM) atau BLT UMKM yang besarannya sama. Serta harus berada di daerah PPKM level 4.

Selama pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi, PKL dan warung banyak terimbas karena usahanya tutup. Padahal mereka mengandalkan hasil berjualan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x