Kompas TV nasional peristiwa

Kemenpora Luncurkan DBON di Hari Olahraga Nasional

Kompas.tv - 9 September 2021, 13:05 WIB
kemenpora-luncurkan-dbon-di-hari-olahraga-nasional
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyikapi tim bulutangkis Indonesia yang gagal tampil di turnamen All England. (Sumber: Kemenpora)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, desain besar olahraga nasional atau DBON akan diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 tahun 2021.

Amali berharap, DBON tersebut bisa menjadi jaminan untuk prestasi olahraga Tanah Air. 

“Dengan desain besar olahraga nasional ini kita mempunyai kepastian, mempunyai jaminan bahwa itu terstruktur dan terencana dengan baik dan jangka panjang. Jadi misalnya ditingkat (atlet) elite nasional itu pasti kita siapkan lapisannya kedua, ketiga dan berikutnya. Itu namanya terdesain,” kata Amali dalam keterangan tertulis, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Hari Olahraga Nasional, Berikut Ucapan dari Dua Pemain Manchester City

Amali menegaskan, prestasi olahraga tersebut harus diciptakan. Kemudian, sport science dalam desain besar olahraga nasional memiliki peran yang cukup menonjol.

Selain itu, lanjut Amali, juga ada sport tourism dan sport industry. DBON itu akan mengatur dari hulu hingga hilir. 

“Hulu adalah tingkat kebugaran masyarakat. Masyarakat yang sehat dan bugar kita bisa dapatkan talenta atlet. Tak mungkin kita dapat talenta dari masyarakat yang tidak bugar. Sementara, hilirnya adalah prestasi. Untuk itu kita mendorong ini, olahraga menjadi budaya masyarakat kita,” ujar Amali. 

Haornas ini sendiri diperingati setiap 9 September.

Amali menyampaikan, tema yang diangkat pada Haornas ke-38 yakni "Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju". Peringatan Haornas dilangsungkan di GOR Popki, Cibubur, Jakarta. 

“Peringatan Haornas ke-38 ini masih tetap dalam suasana pandemi Covid-19. Ini masih sama dengan Haornas pada tahun lalu. Lahirnya DBON adalah jawaban dari arahan Bapak Presiden Joko Widodo saat Haornas tahun lalu. Saya kira mohon dukungan dari semua pihak agar implementasinya bisa berjalan dengan baik,” terang Amali. 

Lebih lanjut, Amali kembali menerangkan bahwa sasaran utama dalam desain besar olahraga nasional ini adalah Olimpiade dan Paralimpiade.

DBON juga memberi ruang kepada atlet Olimpiade dan Paralimpiade, bahwa kini tidak ada lagi perbedaan. 

“Pemerintah memberikan fasilitas yang sama. Tujuan dalam DBON jelas yaitu sasaran utamanya tentang prestasi ditingkat Olimpiade dan Paralimpiade. Kita tetap persiapkan ini dan semua unsur terlibat, baik ditingkat pusat maupun daerah. Kita akan memiliki desain besar olahraga nasional,” pungkas Amali.

Baca Juga: Peringati Hari Olahraga Nasional, Koni Beri Penghargaan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.