Kompas TV regional berita daerah

Antisipasi Kebakaran, Polres Cek Ketersediaan APAR di Lapas Sumedang

Kompas.tv - 9 September 2021, 08:25 WIB
antisipasi-kebakaran-polres-cek-ketersediaan-apar-di-lapas-sumedang
Kabag Ops Polres Sumedang bersama Kepala Lapas Sumedang mengecek kondisi APAR dan instalasi kelistrikan di dalam Lapas, Rabu (8/9/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/AAM AMINULLAH)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

SUMEDANG, KOMPAS.TV - Polres Sumedang melakukan pengecekan secara langsung di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kepala Bagian Operasional Polres Sumedang Kompol Djoko Susilo mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan guna mencegah potensi-potensi yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Saya diperintah Pak Kapolres untuk mengecek kondisi Lapas, mulai dari instalasi kelistrikan dan ketersediaan APAR (alat pemadam api ringan)," kata  Djoko kepada wartawan, Rabu (8/9/2021).

"Pengecekan ini juga sebagai bagian dari antisipasi dan langkah pencegahan (kebakaran). Semoga kejadian kebakaran di Tangerang tidak terjadi di Lapas Sumedang," sambungnya.

Baca Juga: Kebakaran Lapas Tangerang: Titik Api dari Kabel yang Terbuka Kena ke Plafon Tripleks lalu Menyebar

Hasilnya, Kepala Lapas Kelas II B Sumedang Imam Sapto menyebutkan bahwa mereka kekurangan APAR dan instalasi kelistrikan yang ada belum diganti sejak puluhan tahun yang lalu.

Imam membeberkan, saat ini Lapas Kelas II B Sumedang hanya memiliki tiga unit APAR dengan kondisi yang baru.

"Untuk ketersediaan APAR di lapas hanya tersedia tiga unit, tapi kondisinya baru semua. Idealnya memang harus ada di tiap blok. Jadi, kami masih kekurangan untuk APAR ini," ungkapnya.

Karena jumlahnya yang masih terbatas, Imam menjelaskan, ketiga APAR tersebut ditempatkan di depan pintu pos penjagaan, pos pengawasan, dan dapur.

Baca Juga: Korban Kebakaran Lapas yang Dirawat di RSUD Kabupaten Tangerang Bertambah Jadi 10 Orang

"Untuk di tiga blok memang belum tersedia. Sebelumnya kami telah mengajukan ke pusat untuk pengadaan tambahan APAR ini," ujar Imam.

Kendati demikian, sebagai langkah antisipasi terjadi kebakaran, pengelola Lapas Kelas II B Sumedang senantiasa menyiapkan 10 karung pasir dan lap basah.

Lepas itu, terkait instalasi kelistrikan, Imam menyatakan bahwa kondisi masih seperti sama dengan puluhan tahun lalu dan belum pernah diganti.

"Kami juga sudah ajukan untuk penggantian instalasi kelistrikan ini. Alhamdulillah, informasi dari pusat akan diganti pada tahun ini," terang Imam.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.