Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Ghani Minta Maaf Pada Rakyat Afghanistan, Akhirnya Beri Penjelasan Alasan Kabur ke LN

Kamis, 9 September 2021 | 07:05 WIB
presiden-ghani-minta-maaf-pada-rakyat-afghanistan-akhirnya-beri-penjelasan-alasan-kabur-ke-ln
Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, dalam dokumentasi foto tertanggal 25 Juni 2021. (Sumber: AP Photo/Alex Brandon, File)

ABU DHABI, KOMPAS.TV – Presiden Afghanistan Ashraf Ghani yang meninggalkan kota Kabul sesaat sebelum ibukota diambil alih Taliban, akhirnya mengeluarkan pertanyaan melalui akun Twitter pribadinya. Melalui pernyataan yang diunggah pada Rabu (8/9/2021), ia meminta maaf pada rakyat Afghanistan.

“Saya meminta maaf kepada rakyat Afghanistan karena saya tidak dapat mengakhiri (situasi) dengan cara berbeda. Komitmen saya kepada rakyat Afghanistan tidak pernah goyah dan akan membimbing saya selama sisa hidup saya,” ujarnya.

Dalam pernyataan itu, ia juga menjelaskan alasannya meninggalkan Kabul. Menurutnya, pada 15 Agustus, Taliban secara tak terduga memasuki ibukota. Ia pun meninggalkan Kabul atas desakan dari keamanan istana.

Baca Juga: Siapa Mullah Abdul Ghani Baradar, Wakil Perdana Menteri Pemerintahan Sementara Taliban Afghanistan?

“Meninggalkan Kabul adalah keputusan tersulit dalam hidup saya, tapi saya percaya itu satu-satunya cara untuk membungkam senjata dan menyelamatkan Kabul dan 6 juta warganya. Saya telah mengabdikan 20 tahun hidup saya untuk membantu orang-orang Afghanistan bekerja untuk membangun negara yang demokratis, makmur, dan berdaulat - tidak pernah ada niat saya untuk meninggalkan rakyat dari visi itu,” katanya.

Ia berjanji akan membahas lebih detail tentang peristiwa menjelang keberangkatannya dalam waktu dekat.

Selain itu, dia juga membantah tuduhan yang ditujukan kepadanya, bahwa dia meninggalkan Kabul dengan membawa dana sebesar jutaan dollar Amerika Serikat milik rakyat Afghanistan.

“Tuduhan ini sepenuhnya dan pasti salah. Korupsi adalah wabah yang melumpuhkan negara kita selama beberapa dekade dan memerangi korupsi telah menjadi fokus utama dari upaya saya sebagai presiden,” tambahnya.

Baca Juga: Sempat Diisukan Ada yang Bunuh Diri, Inggris Perhatikan Veteran Perang Afghanistan

Untuk memperkuat pernyataan ini, ia menyatakan bersedia menyambut audit resmi atau investigasi keuangan di bawah naungan PBB atau badan independen lain.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19