Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Ghani Minta Maaf Pada Rakyat Afghanistan, Akhirnya Beri Penjelasan Alasan Kabur ke LN

Kompas.tv - 9 September 2021, 07:05 WIB
presiden-ghani-minta-maaf-pada-rakyat-afghanistan-akhirnya-beri-penjelasan-alasan-kabur-ke-ln
Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, dalam dokumentasi foto tertanggal 25 Juni 2021. (Sumber: AP Photo/Alex Brandon, File)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

ABU DHABI, KOMPAS.TV – Presiden Afghanistan Ashraf Ghani yang meninggalkan kota Kabul sesaat sebelum ibukota diambil alih Taliban, akhirnya mengeluarkan pertanyaan melalui akun Twitter pribadinya. Melalui pernyataan yang diunggah pada Rabu (8/9/2021), ia meminta maaf pada rakyat Afghanistan.

“Saya meminta maaf kepada rakyat Afghanistan karena saya tidak dapat mengakhiri (situasi) dengan cara berbeda. Komitmen saya kepada rakyat Afghanistan tidak pernah goyah dan akan membimbing saya selama sisa hidup saya,” ujarnya.

Dalam pernyataan itu, ia juga menjelaskan alasannya meninggalkan Kabul. Menurutnya, pada 15 Agustus, Taliban secara tak terduga memasuki ibukota. Ia pun meninggalkan Kabul atas desakan dari keamanan istana.

Baca Juga: Siapa Mullah Abdul Ghani Baradar, Wakil Perdana Menteri Pemerintahan Sementara Taliban Afghanistan?

“Meninggalkan Kabul adalah keputusan tersulit dalam hidup saya, tapi saya percaya itu satu-satunya cara untuk membungkam senjata dan menyelamatkan Kabul dan 6 juta warganya. Saya telah mengabdikan 20 tahun hidup saya untuk membantu orang-orang Afghanistan bekerja untuk membangun negara yang demokratis, makmur, dan berdaulat - tidak pernah ada niat saya untuk meninggalkan rakyat dari visi itu,” katanya.

Ia berjanji akan membahas lebih detail tentang peristiwa menjelang keberangkatannya dalam waktu dekat.

Selain itu, dia juga membantah tuduhan yang ditujukan kepadanya, bahwa dia meninggalkan Kabul dengan membawa dana sebesar jutaan dollar Amerika Serikat milik rakyat Afghanistan.

“Tuduhan ini sepenuhnya dan pasti salah. Korupsi adalah wabah yang melumpuhkan negara kita selama beberapa dekade dan memerangi korupsi telah menjadi fokus utama dari upaya saya sebagai presiden,” tambahnya.

Baca Juga: Sempat Diisukan Ada yang Bunuh Diri, Inggris Perhatikan Veteran Perang Afghanistan

Untuk memperkuat pernyataan ini, ia menyatakan bersedia menyambut audit resmi atau investigasi keuangan di bawah naungan PBB atau badan independen lain.

Selain itu, ia juga memberikan penghargaan dan rasa hormat yang mendalam atas pengorbanan semua warga Afghanistan, terutama tentara Afghanistan dan keluarga mereka.

“Sungguh penyesalan yang mendalam bahwa bagian saya sendiri berakhir dengan tragedi yang sama dengan pendahulu saya - tanpa memastikan stabilitas dan kemakmuran,” ujar di akhir pernyataan tertulis tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x