Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Cara Mengetahui Berat Badan Sehat bagi Kucing Peliharaan

Kompas.tv - 8 September 2021, 22:46 WIB
cara-mengetahui-berat-badan-sehat-bagi-kucing-peliharaan
Ilustrasi kucing dalam perawatan medis (Sumber: AFP/ARIANA DREHSLER)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana cara mengetahui apakah berat badan kucing peliharaan Anda tergolong ideal? Sebab, kelebihan berat badan tentu tidak sehat bagi kucing peliharaan.

Sebagaimana dikutip dari WebMD, kucing yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih berisiko terkena penyakit seperti diabetes atau arthritis.

Saat ini, kucing peliharaan yang gemuk umum ditemui. Anda mungkin tidak sadar bahwa kucing peliharaan Anda telah melebihi berat badan ideal.

“Masalahnya adalah kita cenderung memanjakan kucing kita, dan kucing suka makan. Jadinya, memberi makan terlalu banyak sering terjadi,” kata Philip J. Shanker, pemilik rumah sakit kucing di California.

Mayoritas kucing domestik memiliki berat badan ideal sekitar 4,5 kilogram. Namun, acuan itu dapat bervariasi tergantung keturunan atau kerangka badan kucing.

Baca Juga: Meski Tampak Cuek, Kucing Ternyata Mengenali Nama Panggilannya

Untuk mengetahui kucing kelebihan berat badan atau tidak, dokter hewan dapat menentukannya. Namun, Anda juga bisa melihat tanda-tanda apakah kucing peliharaan kelebihan berat badan.

Tanda-tandanya antara lain adalah perut kucing tidak menggelambir. Meskipun perut yang kendur dan sedikit menggantung cukup umum, tetapi ini bisa menjadi tanda obesitas. Selain itu, ciri kucing yang memiliki berat badan ideal adalah tulang rusuknya terasa bisa dila disentuh.

Dikutip dari WikiHow, Anda juga sebaiknya memeriksa bagian tulang kucing lainnya. Tulang belakang, paha, dan bahu kucing harus sedikit kurus.

Anda semestinya bisa merasakan tulang paha, tulang punggung, dan tulang bahu kucing ketika mengelusnya. Jika bagian-bagian tersebut sulit dirasakan karena tertutupi lemak, kucing Anda kemungkinan kelebihan berat badan.

Pangkal ekor kucing juga bisa menjadi tanda apakah kucing Anda kelebihan berat badan.

Jika disentuh, tulang pangkal ekor kucing seharusnya bisa dirasakan. Namun, jika bagian tulang tersebut sulit dirasakan ketika disentuh, kucing peliharaan bisa jadi kelebihan berat badan.

Lalu, bagaimana cara menjaga kucing peliharaan tetap memiliki berat badan ideal? Berikut sejumlah tips untuk menjaga berat badan kucing Anda.

  1. Ganti makanan kering dengan makanan kalengan. Makanan kalengan cendrung memuat lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat.
  2. Jangan beri makanan sebagai hadiah. Kucing dapat menerima hadiah lain seperti waktu bermain dengan Anda.
  3. Biasakan kucing berusaha untuk mendapatkan makanan. Anda dapat menyimpan atau menyembunyikan makanan di tempat tertentu yang memaksa kucing “bekerja” untuk makan.

Baca Juga: Jangan Asal, Begini Cara Benar Menyimpan Makanan Basah Kucing

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x