Kompas TV olahraga kompas sport

Tanpa Lionel Messi, Ronald Koeman: Barcelona Malah Bermain Lebih Baik

Kompas.tv - 8 September 2021, 19:43 WIB
tanpa-lionel-messi-ronald-koeman-barcelona-malah-bermain-lebih-baik
Lionel Messi, kiri, dan pelatih kepala Ronald Koeman. (Sumber: AP Photo/Manu Fernandez)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

BARCELONA, KOMPAS.TV - Ronald Koeman mengaku permainan Barcelona malah menjadi lebih baik selepas Lionel Messi hengkang. 

Seperti diketahui, Barcelona gagal memperpanjang kontrak Messi yang habis pada akhir Juni silam. Alhasil, La Pulga harus meninggalkan Camp Nou. 

Kebersamaan Messi dan Barcelona sejak tahun 2000 harus berakhir. Kini, Messi telah resmi menjadi pemain Paris Saint-Germain (PSG).

Kendatipun mengakui permainan kolektif Barcelona menjadi lebih baik, tetapi Koeman butuh waktu untuk meratapi kepergian Messi. 

"Pertama kali mengetahui berita Messi tidak bisa main dengan kami lagi, kami semua terkejut. Lantaran kami kehilangan pemain terbaik di dunia," sebut pelatih asal Belanda, dikutip dari Mundo Deportivo. 

Baca Juga: Barcelona Rengkuh Kemenangan Perdana, Ronald Koeman Sanjung Martin Braithwaite

"Kami kehilangan sosok yang bisa menghasilkan 30 gol lebih per musim. Kepergian Messi membuat kami kehilangan banyak hal. Butuh waktu untuk menerima kenyataan. Pilihannya hanya membuka lembaran baru tanpa Messi," imbuhnya. 

Koeman mengaku secara kolektif, Blaugrana tampil lebih baik selepas ditinggal Messi. Dirinya juga mengaku Barcelona tidak perlu memaksa perubahan taktik yang signifikan.

"Dari segi taktik, kami tidak memaksa tim bermain berbeda. Tetapi, Barcelona sekarang bisa lebih berkemabang dalam pergerakan tanpa bola," lanjut Koeman. 

"Kami tidak memiliki kualitas individu seperti Messi lagi. Kendati demikian, ketika kami menyerang, Barcelona menjadi lebih baik secara kolektif."

Apabila menilik catatan tiga pekan perdana Liga Spanyol 2021/22, pernyataan Koeman memang benar adanya. 

Baca Juga: Dibuang Barcelona ke Besiktas, Miralem Pjanic: Ronald Koeman Tak Menghormati Saya!

Barcelona era tanpa Lionel Messi masih belum terkalahkan di La Liga musim ini. Mereka meraih 7 poin dan menduduki posisi 4 klasemen, hanya kalah dalam selisih gol dari pemuncak Real Madrid. 

Paling dekat, Barcelona dijadwalkan menjamu Bayern Munchen dalam matchday 1 fase penyisihan grup Liga Champions 2021/22 pada Selasa (14/9/2021).



Sumber : Mundo Deportivo

BERITA LAINNYA



Close Ads x