Kompas TV olahraga kompas sport

Buntut Larangan Membela Timnas, 8 Pemain Brasil Tak Bisa Tampil di Liga Inggris Akhir Pekan Ini

Kompas.tv - 8 September 2021, 19:39 WIB
buntut-larangan-membela-timnas-8-pemain-brasil-tak-bisa-tampil-di-liga-inggris-akhir-pekan-ini
Pemain timnas Brasil merayakan gol atas Venezuela, Senin (14/6/2021) di Stadion Nacional de Brasilia. (Sumber: Lucas Figueiredo / CBF)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Delapan pemain Brasil yang bermain di Liga Inggris tak akan bisa tampil membela klubnya masing-masing akhir pekan ini.

Melansir dari The Sun, FIFA hari ini memberi tahu klub-klub Liga Inggris bahwa federasi Brasil telah meminta mereka untuk memberlakukan "pembatasan lima hari" pada para pemain yang tidak melakukan perjalanan untuk jeda internasional.

Itu berarti Liverpool akan tampil tanpa Alisson, Fabinho dan Roberto Firmino untuk saat bertandang ke Leeds United pada hari Minggu (12/9/2021). 

Tak berbeda, tim tuan rumah Leeds juga akan tampil tanpa pemain asal Brasil Raphinha.

Sementara itu, gelandang Manchester United Fred akan melewatkan pertandingan kandang melawan Newcastle United dan pertandingan pembukaan Liga Champions melawan Young Boys di hari Selasa (14/9/2021). 

Rival sekota Manchester United, Manchester City juga terkena imbas dengan tak bisa tampilnya Ederson dan Gabriel Jesus saat melawan Leicester City.

Bek veteran Chelsea asal Brasil Thiago Silva turut dilarang membela klub saat menghadapi Aston Villa dan Zenit Saint Petersburg di Eropa.

Sedangkan Richarlison yang bermain untuk Everton dihilangkan dari daftar tersebut karena The Toffes sebelumnya mau melepas Richarlison ke Olimpiade 2020.

Baca Juga: Laga Brasil Vs Argentina Ditunda, Tim Samba Tampil Tanpa Pemain dari Liga Inggris yang "Bermasalah"

Dalam aturan FIFA, yang disetujui oleh 211 negara anggota, pembatasan lima hari secara otomatis diamanatkan jika federasi nasional memintanya untuk diberlakukan.

Hal ini berlangsung dari hari setelah pertandingan terakhir jendela internasional.

Jadi dalam kasus pemain Brasil yang dimaksud di atas, larangan akan berlaku pada 10-14 September dan selesai pada Selasa tengah malam.

Larangan bermain ini diprediksi akan memancing reaksi keras dari para klub-klub yang bersangkutan.

Sebelumnya, mayoritas klub-klub Liga Inggris memang mendukung untuk tidak melepas pemain-pemain yang melakukan pertandingan internasional di negara zona merah.

Mereka merasa melepas pemain timnas ke negara zona merah akan membuat mereka mengalami kerugian.

Hal ini dikarenakan pemain yang datang ke Inggris dari negara zona merah harus melakukan karantina selama 10 hari yang berarti pemain tersebut akan melewatkan latihan rutin serta pertandingan dan tentunya akan berdampak ke kondisi fisik sang pemain. 

Baca Juga: Duel Brazil vs Argentina Harus Dihentikan, Lionel Messi Kecewa Berat

 



Sumber : The Sun


BERITA LAINNYA



Close Ads x