Kompas TV nasional peristiwa

Menkumham: Ada Dua WNA yang Tewas Dalam Kebakaran di Lapas Tangerang

Kompas.tv - 8 September 2021, 11:17 WIB
menkumham-ada-dua-wna-yang-tewas-dalam-kebakaran-di-lapas-tangerang
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly pada saat pembukaan penyelenggaraan swab test tahap II di Lobby Garaha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (26/11/2020). (Sumber: Humas Kemenkumham RI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Hukum Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, ada dua warga negara asing (WNA) dari Afrika Selatan dan Portugal yang menjadi korban kebakaran di Lembaga pemasyarakat (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten.

Hal tersebut disampaikan Yasonna Laoly saat meninjau langsung Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021).

“Data yang saya peroleh menyebutkan ada 41 orang yang meninggal akibat kebakaran ini. Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba,” ujar Yasonna di lokasi.

“Dua di antara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal.”

Baca Juga: Yasonna Laoly dan Wamenkumham Sambangi Lokasi Kebakaran Lapas Tangerang

Yasonna lebih lanjut mengatakan, telah menginstruksikan jajarannya untuk fokus pada evakuasi dan pemulihan warga binaan yang menjadi korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang.

“Tentu saja kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menyelidiki sebab-sebab kebakaran dan tentu saja memformulasikan strategi pencegahan agar musibah berat seperti ini tidak terjadi lagi,” kata Yasonna.

“Saya meninjau ke sini segera setelah menyelesaikan rapat yang sudah teragendakan jauh hari sebelumnya. Tapi, saat rapat pun saya terus memantau perkembangan yang terjadi.”

Baca Juga: Ini Jumlah Tahanan di Lapas Kelas 1 Tangerang yang Terbakar Pagi Tadi

Sebagaimana informasi, kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang, Banten, pagi hari tadi menewaskan 41 narapidana.

Selain itu terdapat juga 8 orang dengan korban luka berat dan 72 luka ringan akibat kebakaran di Lapas Tangerang. 

Saat ini, narapidana yang mengalami luka dibawa ke RSUD Tangerang untuk mendapatkan pengobatan.

Terpisah, Kapolda Irjen Pol Fadil Imran mengatakan kebakaran di lapas Tangerang diduga terjadi karena hubungan pendek arus listrik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x