Kompas TV entertainment musik

Street Woman Fighter Diduga Remix Azan, Mnet Dikecam

Kompas.tv - 8 September 2021, 11:30 WIB
street-woman-fighter-diduga-remix-azan-mnet-dikecam
Street Woman Fighter diduga pakai suara azan di intro. (Sumber: Viu)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Acara Street Woman Fighter Mnet mendapat kecaman dari netizen karena diduga menggunakan suara azan yang diremix untuk opening/intro.

Dugaan tersebut menggema, menyusul trending topik di Twitter dengan tagar @Mnetapologize, setelah stasiun tv tersebut menayangkan Street Woman Fighter episode ketiga, Selasa (7/9/2021).

Untuk diketahui, Street Woman Fighter merupakan acara dance survival asal Korea Selatan yang tayang di Mnet. Acara tersebut diisi oleh beberapa dance crew perempuan yang menampilkan jenis-jenis tarian yang berbeda.

Baca Juga: Lokasi MAMA 2021 Disebut akan Berada di Hongkong, Mnet Berikan Klarifikasi

Para editor dikritik karena diduga mengacaukan azan yang merupakan panggilan bagi umat Muslim untuk menunaikan kewajiban salat.

Sejumlah netizen juga membandingkan suara azan yang asli dengan opening Street Woman Fighter. Tak sedikit yang menyebutkan bahwa dua suara tersebut terdengar hampir sama.

“Saya membutuhkan kalian untuk meningkatkan kesadaran tentang topik yang sangat kontroversial tentang pengeditan mnet. Di Street Woman fighter Mnet memutuskan untuk menggunakan Adzan sebagai intro [dari 00:57 - 1:40],” tulis akun Twitter @luotianguo, dikutip Rabu (8/9/2021).

Tak ayal, Mnet pun dituntut untuk meminta maaf, terutama kepada netizen Muslim karena dianggap melecehkan agama.

Baca Juga: Acara Survival Kingdom, Mnet: iKON Dipastikan Ikut

Ramainya kecaman tersebut lantas membuat sejumlah netizen menyebutkan bahwa ini bukan pertama kalinya Mnet menggunakan budaya orang lain untuk mendulang keuntungan sendiri.

“Mnet telah beberapa kali menggunakan budaya orang lain untuk pengaruh, tetapi menggunakan simbol suci agama orang lain benar-benar bid'ah,” tambah @luotinanguo.

Meski tagar #Mnetapologize telah menggema di jagad Twitter, hingga kini belum ada respons dari pihak Manet sendiri.



Sumber : Kompas TV/Twitter


BERITA LAINNYA



Close Ads x